![]() |
Komunikasi Massa |
TUGAS 1
1.Jelaskanlah perbedaan surat kabar Online dengan Surat
Kabar Edisi Digital
2.Jelaskanlah maksud dari Yellow Newspaper
3.Jelaskanlah struktur organisasi industri Majalah
JAWABAN
SURAT KABAR ONLINE
Kalau dilihat dari fungsi suratkabar maka suratkabar online tidak berbeda dari suratkabar cetak,keduanya mengumpulkan,mengevaluasi, dan mengorganisir informasi.keduanya berbeda dalam cara mendistribusikannya kepada pembaca. Koran tradisional menggunakan kertas,tinta,cetakan,memerlukan truk dan pekerja harian agar Koran dapat sampai ke tangan pembaca,sementara Koran online ditransmisikan secara digital.
Kelebihan Koran
online dibandingkan dengan Koran tradisional adalah
a.jumlah berita
dalam satu edisi, Koran cetak terbatas pada halaman.koran online tidak terbatas
panjangnya berita,transkrip wawancara,tabel, dan grafik dapat di akomodir.
b.koran online
dapat diperbarui (update) terus menerus karena tidak ada tenggat waktu
(deadline) bagi Koran tersebut.
c.koran online
mempunyai karakter interaktif,alamat email,obrolan interaktif (chat rooms), dan
bulletin boards memungkinkan pembaca untuk cepat memberikan masukan,beberapa
diantaranya memiliki arsip (archives) yang dapat diakses.
Pada tahun 1994, di AS terdapat 20 suratkabar yang telah memiliki halaman situs (website), tahun 2000 sudah 1100 surat kabar online,dari 148 dan 150 koran paling popular sudah memiliki news online. Asosiasi suratkabar AS atau newspaper association of America’s (NAA) website (www.na.org) telah memiliki matarantai dengan 1,153 harian online,seperti USA today,yang memiliki sirkulasi lebih dari dua juta eksemplar sampai americus (Georgia) times-recorder yang memiliki sirkulasi 6.900 eksemplar.
Website Koran
pada awal kemunculannya merupakan modifikasi versi Koran cetaknya.penerbit
berharap agar website dapat menarik pemasukan dari iklan agar dapat mendapatkan
keuntungan dari versi online.tetapi hal ini tidak terjadi bagi kebanyakan
suratkabar,website hanyalah merupakan saluran pembuangan bagi keuangan,oleh
karena itu,penerbit mencari cara lain untuk mendapatkan pemasukan.salah satunya
meminta bayaran bagi pelanggan versi online.seperti dilakukan oleh wallstreet
journal.
1.Jelaskan secara singkat Televisi di
Era Digital
2.Jelaskan tiga tahap dalam proses
produksi film
3.Jelaskan karakteristik pemanfaatan
televisi pada masa Orde Baru
JAWABAN
1.siaran televise mulai masuk pada system digital pada tanggal 19 juni 2009
(mominick,messere & Sherman,2012.26) televisi digital memiliki gambar yang
lebih jelas dan suara yang lebih jernih dan tersedia dalam format layar
lebar.tentu saja system DTV lebih berkualitas daripada system lama yang
menggunakan analog.selain itu televise digital memungkinkan pengyiaran
high-definition television (HDTV).popularitas HDTV meroket beberapa tahun
terakhir di abad 21 ini,pada tahun 2010 saja 50% rumah tangga di AS sudah
memiliki HDTV,selain itu signal HDTV hanya memerlukan ruang yang lebih kecul
dalam spectrum elektromagnetik.konsekuensinya para pelaku industry penyiaran
(broadcaster) dapat membagi saluran digital dan menawarkan program yang berbeda
tempat yang sama,pada tahun 2010 sebagian besar industry penyiaran di AS pindah
ke system digital dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.
2.pada dasarnya tiga langkah utama dalam pembuatan film terdiri dari :
a.PRA-PRODUKSI,sebuah film pasti dimulai dengan adanya sebuah gagasan atau
ide cerita,gagasan atau ide cerita ini kemudian dapat dituliskan dalam bentuk
garis besar cerita (outline)yang kemudian diberi alur cerita (plot).film
terkadang juga diangkat dari sebuah cerita novel,seperti film laskar pelangi
yang ceritanya diangkat dari novel berjudul laskar pelangi karya novelis
Indonesia,andrea hirata,setelah dibuat garis besar(outline) cerita,langkah
selanjutnya dalam tahap produksi adalah menulis cerita untuk film
tersebut,secara umum langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan
sebuah naskah film adalah: pertama ,membuat treatment dalam hal ini deskripsi lengkap
tentang karakter utama tokoh dalam film tersebut serta lokasi tempat
pengambilan gambar akan dilangsungkan,tahapan ini juga dapat berupa contoh
dialog yang akan dimainkan.
Kedua,mengonsep isi naskah film awal,pada tahap ini dituliskan pula seluruh
detail dialog yang akan dimainkan ,beserta teknik kamera yang akan
digunakan,serta ddeskripsi urutan tindakan yang harus dimainkan oleh para
actor/aktris.
Ketiga,merevisi naskah film,naskah film awal yang telah dibuat pada tahap
sebelumnya dapat saja berubah setalah melalui beberapa proses pengambilan
gambar.perubahan itu dapat dating dari sutradara,produser,atau bahkan actor
film itu sendiri.
Keemapt,merapikan naskah film,setelah di revisi,naskah film kemudian
dirapikan kembali dengan memasukkan seluruh hasil revisi dialog.penambahan atau
pengurangan adegan,dan perubahan minor lainnya yang telah disepakati bersama.
Pada tahap pra-produksi ini pula para produser film mulai mencari actor atau
aktris yang dinilai cocok untuk memerankan tokoh-tokoh tertentu dalam film yang
akan digarap.aktor atau aktris yang akan bermain dalam sebuah film sering kali
disebut dengan istilah talent,setelah ditentukan siapa saja yang akan berperan
dalam sebuah fil,pihak produser kemudian akan membuatkan kontrak dan surat
perjanjian kerja sama antara pihak production house(PH) dengan actor/aktirs
yang akan diperanlkan dalam sebuah film.
b.PRODUKSI,setelah seluruh proses praproduksi selesai maka proses
selanjutnya adalah masuk ketahap produksi film.pada tahap ini apa yang sudah
dirancang dan direncanakan pada tahap produksi mulai dilaksanakan.para
actor/aktris mulai berakting di depan kamera mengikuti arahan sutradara hingga
diperoleh gambar adegan film yang sesuai dengan keinginan sutradara film.lokasi
pengambilan gambar sebuah film sering kali berpindah lokasi ke beberapa tempat
untuk mendapatkan suasana adegan yang sesuai dengan apa yang sudah tertulis
dalam naskah film,proses produksi sebuah film memerlukan biaya produksi yang
cukup besar,oleh karenanya anggaran biaya yang sudah ditetapkan pada tahap
pra-produksi harus dialokasikan secara cermat dan efisien agar tidak melebihi
anggaran yang telah ditentukan rata-rata lama pembuatan sebuah film adalah 70
hari.dengan lama syuting perharinya mencapai lebih dari 16 jam.
c.PASKAPRODUKSI,tahap akhir dari proses pembuatan film adalah tahap postproduction atau paskaproduksi,tahap ini dimulai setelah seluruh tahap produksi film selesai.setelah selirih proses pengambilan gambar di lapangan maupun studio selesai.pihak yang paling bertanggungjawab pad proses paskaproduksi ini adalah editor,seorang editor film bersama dengan sutradara,akan merundingkan dan memutuskan adegan mana saja yang harus dipotong dan sudut pengambilan gambar apa saja yang akan disusun agar menghasilkan rangkaian adegan film terbaik,hasil editing akhir ini akan berpengaruh terhadap lamanya waktu pemutaran film di bioskop,dalam proses editing terkadang editor film juga memasukkan sejumlah special effects untuk memperkuat nuansa tertentu dalam sebuah film.setelah seluruh adegan film di edit dan disetujui oleh sutradara dan produser maka tahap selanjutnya adlah memasukkan music dan suara kedalam film yang telah diedit.sura yang telah diperbaiki/diulangi,kemudian setelah film yang sudah diedit tersebut dilengkapi soundtrack dan special effects film itu lalu dikirim ke laboratorium untuk dicetak diperbanyak.
3.karakteristik pemanfaatan televisi
pada masa Orde Baru,televise repuplik Indonesia (TVRI) satu-satunya televisi
Indonesia pada masa orde baru sebelum televise swasta hadir di era tahun
1990-an.stasiun televisi itu dijadikan propaganda/perpolitikan oleh pemerintah
di masa orde baru.
Gemah ripah loh jinawi tidak kurang satu apapun ,yang kerap ditayangkan distasiun televisi masa orde baru,walaupun dibelahan dunia sangat kekurangan yang disiarkan dunia dalam berita.
EDISI DIGITAL,sebuah Koran edisi digital
dibandingkan dengan versi online,edisi online tampak berbeda dari edisi cetak,Koran
online tidak punya nomor halaman,halamannya tidak terbagi atas kolom,Koran itu
tidak punya batas atas atau batas bawah,teksnya
ditulis dengan bentuk huruf (font) yang berbeda dari Koran cetak,dan
koran iti tidak berisi iklan yang sama dengan iklan pada koran
cetaknya,sebaliknya Koran digital menyaikan isi yang sama seperti Koran
cetaknya,tetapi dalam bentuk yang dapat dibaca dengan menggunakan layar
computer.
Adapun keuntungan dari edisi digital
dibandingkan dengan versi online adalah edisi ini lebih dikenal oleh
pembaca karena memiliki desain dan
tipografi yang sama dengan Koran cetaknya.
kedua,edisi digital ini menunjukan
dimana sebuah berita diletakkan sehingga pembaca mudah mendapatkannya,pembaca
ingin mengetahui hal ini karena mereka tahu bahwa pada hari itu,sebuah berita
terdapat pada halaman 14 lebih penting daripada halaman 1 atau halaman kedua.
Ketiga,edisi digital sangat menyenangkan
karena mereka dapat mengunduh secara otomatis kedalam computer
miliknya.sementara itu surat kabar online menuntut pembacanya untuk mengunjungi
situ sebelum membaca,tambahan lagi sekali Koran digital diunduh ,pembaca dapat
membawanya kemana-mana ,sebaliknya untuk pembaca Koran online ,pembaca harus
terhubung dengan internet.
Ada beberapa kelemahan dalam Koran
digital ini,untuk memperoleh hasil terbaik pelanggan membutuhkan modem ,tidak
seperti Koran online yang dapat diperbarui beberapa kali dalam sehari,edisi
digital diterbitkan sehari sekali sehingga tidak jarang beritanya dirasakan
sudah basi,selain itu,membaca edisi digital menuntut pembaca untuk memperbesar
(zooming) dan menggeser (scrolling) halaman berita,hal ini membuat pembaca
menjadi kurang nyaman.
Surat kabar tradisional biasanya diantar sampai kerumah atau ke kantor pembaca,di era digital Koran dapat dikirim langsung ke pembaca berkat adanya internet dan munculnya berbagai peralatan telepon genggam (handphone-hp) personal digital assistant (PDA) dan laptop,wall street journal misalnya mengirim berita financial kepada pembacanya melalui hp usa today juga mengirim berita terkini setiap lima belas menit,melalui hp dan pda kepada 100.000 pelanggan,sekarang mereka juga dapat mengirim berita ke tablet PCs,alat ini beratnya sejitar 1,5 kg dan tebalnya kira-kira 2,5 cm dan ukurannya selebar kertas 14 alat ini dapat menyajikan tulisan grafik dan dapat digunakan untuk melihat audio dan video clips.
2.YELLOW NEWSPAPER
Era Koran kuning (yellow journalism)
ditandai dengan informasi yang sensasional,liputan human interest,dan munculnya
disain Koran yang lebih menarik.
The penny press
Istilah penny pers diberikan kepada
suratkabar seharga satu penny (sama dengan satu sen dolar AS) padahal biasanya
harga suratkabar adalah 6sen.ide ini dimunculkan oleh benyamin day yang berumur
22 tahun ketika dia menerbitkan new York sun yang berisi seks,kekerasan,berita
local dan berita human interest lainnya.
Munculnya penny pers mengubah emapt hal
dibidang jurnalisme
a.faktor keuntungan ekonomi dalam
suratkabar,sebelum kehadiran penny pers keuntungan surat kabar hanya didasarkan
pada jumlah pelanggan Koran.sirkulasi penny pers yang besar menyadarkan
pengiklan bahwa merekan dapat menggapai audiens yang lebih besar dan pembeli
potensial dengan membeli ruang atau kolom dalam suratkabar.alhasil Koran saat
itu lebih banyak berisi iklan daripada Koran-koran sebelumnya,selain itu
pembaca suratkabar popular menghapus pemisahan kelas social dan partai politik.
b.pola distribusi suratkabar sebelum
penny pers pola penyebaran surat kabar menggunakan pos atau berlangganan
,tetapi ketika muncul penny pers maka Koran dapat dijual dijalanan.koran-koran
ini kemudian harus saling berkompetisi,alhasil para editor terdorong untuk
mendapatkan berita yang eksklusif dan orisinal.
C.difinisi berita,penny pers
mendifiniskan ulang konsep sebuah berita.penny pers menggaji reporter untuk
pergi keluar mencari berita ,reporter mulai bertugas untuk rubric-rubrik yang
special ,seperti financial,sports,agama,dan lainnya.koresponden luar negeri
juga mulai popular,dan suratkabar mengubah tekanan pemberitaan dari kehidupan
social kelas elit menjadi kelas menengah.
d.teknik pengumpulan berita,perubahan yang dilakukan penny pers membuat Koran semakin menekankan unsure komuditas,jadi berita yang terbaru dianggap berita yang punya nilai tambah,juga cerita-cerita diperoleh dan dikirimkan melalui transportasi,seperti kereta api,kapal laut,pony express dan juga telegraph.
3.STRUKTUR ORGANISASI INDUSTRI MAJALAH
Berdasarkan organisasi,industri majalah dapat
dibagi menjadi dua kategori :
Tipe majalah dan struktur dalam industri
majalah (doinick 2005.130).
1.tipe majalah
tipe majalah dilihat dari isinya
,dikategorikan sebagai berikut:
a.majalah umum
majalah umum biasanya dibeli secara
eceran pada kios Koran dan surat kabar,ditoko buku atau diperoleh dengan cara
berlangganan,tipe majalah consumer ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan
dengan tipe majalah bisnis dan tipe majalah organisasi atau perusahaan,namun
tipe majalah ini mempunyai khalayak paling luas,tipe ini dibagi dalam kategori
spesifikasi yang mempunyai banyak variasi,misalnya majalah pria,majalah
wanita,majalah hiburan,majalah hobi dan lain sebagianya ,majalah ini juga
diterbitkan dalam versi cetak maupun online.contoh paling popular di amerika
adalah majalah people,time,reader;s digest.tv guide .sport illustrated dan
woman;s day.
b.majalah bisnis atau perdagangan
majalah bisnis menspesifikasikan diri
pada bisnis tertentu sehingga isinya berfokus pada hal-hal yang berkaitan
dengan pekerjaan pembacanya,banyak dari majalah ini disajikan secara gratis
bagi khalayak tertentu,peran dari majalah ini melayani masyarakat umum,kelompok
industry,dan kelompok professional ,oleh karena itu jangkauan khalayaknya juga
terbatas pada para pebisnis saja,majalah jenis ini tidak ditemukan di kios
Koran,biasanya diterbitkan oleh penerbit independen yang tidak ada hubungannya
dengan bidang yang mereka layani.
Beberapa publikasi bisnis disebut
vertical atau horizontal,disebut vertical karena berisi seluruh aspek dalam
satu bidang.sebagai contoh ,laporan pulp and paper kepada seluruh segmen dari
industry kertas sedangkan disebut horizontal karena berhubungan dengan bisnis
beragam,sama seperti majalah jenis umum ,publikasi ini juga dapat bertahan
dalam versi cetak maupun online.
c.majalah yang dibuat khusus
tipe majalah yang ketiga adalah majalah
yang dicetak berdasarkan pesanan sponsor (sebuah perusahaan) seorang klien
mendapatkan maalah ini karena membeli atau menggunakan sebuah produk
tertentu,jadi majalah ini diberikan
secara gratis,tetapi dapat juga majalah ini dijual di kios majala.tujuan dari
penerbitan majalah ini adalah mempromosikan atau meningkatkan penggunaan produk
perusahaan ,majalah ini diterbitkan oleh perusahaan yang mencoba mempertahankan
kepuasan konsumen dan sekaligus berusaha menarik klien baru.majalah ini
sebagian didistribusikan secara gratis diberbagai lokasi bisnis dan sebagian
lainnya dijual di kios Koran,contoh sony menerbitkan sony style ,adalah majalah
yang mempromosikan produk-produk elektronik mereka,ikea memproduksi space,yaitu
majalah gaya hidup yang mendorong pembaca untuk membeli produk-produk
ikea.contoh lain adalah majalah yang disajikan dalam sebuah maskapai
penerbangan yang di desain agar perjalanan penumpang terasa lebih
nyaman.tentunya sangat jelas siapa yang menjadi sponsor dari penerbitan majalah
tersebut.iklan dalam tipe majalah ini merupakan bagian dari majalah ini,dan
iklan dari perusahaan lainnya.
1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan search engine dan
berilah contohnya
2.Jelaskan apa yang dimaksud dengan konvergensi media dan implikasi terhadap
kehidupan masyarakat
3.Jelaskan perbedaan ISP dan OSP
JAWABAN
1.SEARCH ENGINE,aplikasi internet yang paling sering
digunakan adalah mesin mesin penelusuran (search engine), aplikasi ini
memadamkan kata yang diketik dalam jendela penelusuran (search window) untuk
dicari informasinya secara online berdasarkan kesesuaian dengan kata-kata kunci
yang disediakan oleh pemilik situs dalam konten situsnya.penyedia mesin
penelusuran ini.diantara lain google dan bing.namun setiap mesin penelusuran
memiliki hasil yang berbeda disebabkan perbedaan cara atau tempat pemilihan
dari kata kunci yang dicari seperti judul halaman situs,kemunculan dalam suatu
halaman,dan juga keseringan dari peranti lunak penelusuran (bot) bekerja pada
mesin penelusuran tersebut.
Untuk akademis dan pendidikan,terdapat mesin penelusuran
yang popular yaitu proquest,sedangkan di Indonesia telah dikembangkan mesin
penelusuran garuda milik direktorat jenderal pendidikan tinggi kementrian
pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia (dirjen dikti RI) mesin
penelusuran seperti proquest atau garuda dapat membantu mahasiswa mencari
artikel dalam jurnal,skripsi,tesis,disertai ataupun hasil-hasil penelitian lain
yang telah dipublikasikan untuk akademisi,antara lain google book dan google
scholar (staubhaar,larose dan davemport 2012).
Namun dengan seiring perkembangan situs,saat ini
berkembang istilah web 2.0 yang lebih mengandalkan kepada interaktivitasnya dan
kedinamisan dari penggunanya,kemudahan yang difasilitasi oleh web 2.0
menyebabkan berkembang aplikasi internet. Seperti (1) blog (2) social network
site (3) content sharing (4) voice over internet protocol-video calling, dan
(5) online game.
2.IMPLIKASI SOSIAL INTERNET,semakin tumbuhnya
aplikasi internet menyebabkan konsekuensi dan implikasi sosial,seperti (1)
model baru bentuk pemberitaan (2) kurangnya penjaga gawang (gatekeeper) (3)
banjir informasi (4) privasi , dan (5) eskapisme dan isolasi (Dominick 2009).
MODEL BARU PEMBERITAAN,internet memberikan fungsi
pengawasan tambahan bagi media massa dengan adanya blog sebagai salah satu aplikasi
internet menyebabkan ketika peristiwa berita terjadi,pihak-pihak yang terlibat
dan tertarik dapat memposting blog untuk dibaca oleh orang lain.peristiwa bom
teroris di London tahun 2005,blogger merupakan pihak pertama yang
menyebarluaskan,pada operasi pembebasan irak blogger memberikan informasi
detail tentang kehidupan di Baghdad,hal ini memperlihatkan perubahan jurnalisme
terkait dari atas kebawah (top down structure) saat ini berita dimulai dari
sumber dan menjadi bagian penting bagi siapa saja yang tertarik.
KURANGNYA GATEKEEPER,media massa tradisional
biasanya memiliki sejumlah penjaga pintu (gatekeeper) namun internet tidak ada
penjaganya.situasi ini memberikan beberapa implikasi,pertama resiko banjirnya
sistem dengan pesan-pesan yang tidak di inginkan,hal-hal yang kecil dan tidak
bermanfaat.semakin meningkatnya pesan tanpa ada kendali,menyebabkan sistem
dapat menjadi mati akibat lalu lintas pesan yang tinggi. Kedua ,penjaga pintu
selalu berfungsi sebagai evaluator informasi,misalnya editor surat kabar dan
sturktur berita televise mempertimbangkan otentisitas dan kredibilitas sumber
berita yang potensial.penjaga pintu terkadang saja melakukan ketidak
sempurnaan.oleh karena itu terddapat banyak kesalahan yang dapat diperoleh dari
internet yang tidak dapat dijamin
otensitas dan kredibilitasnya maka penggunaan dari informasi tersebut memiliki
risiko tersendiri dengan konsekuensinya : misalnya newsgroup terkait dengan
unidentifield flyaing object (ufo) penampakan ufo dan penculikan oleh makhluk
asing (alien) sering kali menjadi kontroversi dalam kredibilitas. Ketiga,tidak
adanya penjaga pintu maka tidak ada sensor sehingga internet seperti kota yang
nyaman dengan menyediakan jalan-jalan yang baik untuk seluruh keluarga,tetapi
ada juga jalan-jalan yang tidak boleh dilalui ileh keluarga terutama anak-anak
dibawah umur.
BANJIRNYA INFORMASI,kehadiran internet
mempresentasikan alat pengolah informasi yang tidak parallel,pada bagian
tertentu internet memberikan seseorang untuk mengetahui cara menggunakan dan memahaminya,misalnya
seorang mahasiswa dalam mencari sumber dapat menemukan dengan mudah sumber
referensi teks,buku,jurnal ataupun tulisan karya ilmiyah lainnya dengan baik.
PRIVASI,internet juga menyebabkan sejumlah perhatian
terhadap masalah privasi.mengelola privasi seseorang dalam zaman elektronik
saat ini bukanlah hal yang baru sebelum munculnya internet informasi tentang
sesorang dapat dicari di berbagai tempat dan lokasi yang tersebar dalam waktu yang berhari-hari,bahkan
berbulan-bulan.saat ini dengan adanya komputerisasi database mempermudah orang
untuk mendapatkan hal yang sama dengan beberapa klik mouse.
ESKAPISME DAN ISOLASI,dilemma internet juga terjadi
terkait permasalahan apakah internet memisahkan penggunanya dari interaksi
dengan orang lain,saat ini banyak individu menghabiskan waktu terkait dengan
mengirim email,pesan singkat,obrolan online,bermain game,jualan online dll.
3.- ISP(Internet Service Provider)
adalah perusahaan atau badan usaha yang menjadi penyedia layanan internet atau menyediakan
jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan internet.
Perusahaan ISP kadang-kadang
diidentifikasi sebagai OSP (dalam penggunaan ini) menawarkan berbagai layanan
online sendiri yang terpisah dari Internet dan terkadang versi browser Web
mereka sendiri.
ISP lebih
berfokus kepada penyediaan infrastruktur sambungan internet dan layanan yang
berkaitan dengan sambungan internet, sedangkan OSP berfokus kepada isi/content
yang ditawarkan oleh penyedia jasa internet itu sendiri
Kunjungi juga artikel terkait:
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/hukum-media-massa.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/logika-isi4110.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-ilmu-politik.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/asas-asas-manajemen.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/analisis-sistem-informasi-isi4110.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/manajemen-media-massa-m3.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-ilmu-komunikasi-tugas.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-statistik-sosial-tugas1.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/opini-publik-isi4110.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/hukum-media-massa.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/logika-isi4110.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-ilmu-politik.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/asas-asas-manajemen.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/analisis-sistem-informasi-isi4110.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/manajemen-media-massa-m3.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-ilmu-komunikasi-tugas.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/pengantar-statistik-sosial-tugas1.html
https://puisi-syair-cinta.blogspot.com/2025/01/opini-publik-isi4110.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar