Jumat, 03 Januari 2025

MANAJEMEN MEDIA MASSA

Manajemen Media Massa



1.TUJUAN MEDIA MASSA

Jika saya mendirikan sebuah perusahaan media massa yang baru:

a.di era digital seperti sekarang/jaman ini sudah media massa sudah sangat banyak,hingga ke kabupaten/kota. Tentu saja saya harus degan media baru secara lebih kreatif dan inovatif.karena sekarang dijaman digitalisasi tentu saya lebih mengutamakan mendirikan media massa ONLINE.dengan tujuan lebih mementingkan info-info yang mendidik serta tidak mengesampingkan masyarakat-masyarakat kecil untuk menyalurkan informasinya sehingga menjadi aspiratif untuk kalangan atas yang mempunyai stakeholder.dengan mengedepankan transparan dan penuh nilai-nilai integritas,sehingga segala permasalahan menjadi tuntas.

b.untuk mencapai sebuh tujuan pelaksanaannya tentu harus terstruktur diantaranya dalam struktur jabatan internal maupun eksternal,dan dalam penyajiannya saya kemas dengan beberapa reporter di setiap daerah/kecamatan dengan tujuan mampu menghadirkan info-info berkualitas dan mendidik.

c.isi media baru yang saya bangun,selain berita-berita edukasi,info,wisata,kuliner,dan beberapa yang lainnya yang menjadi isi dari media yang saya buat. juga berita-berita semua aspirasi masyarakat kecil untuk bisa menyampaikan kepada stakeholder yang memangku jabatan terkait.


2.a.STRUKTUR ORGANISASI

a. direktur utama

b. direktur pimpinan

c.  pimpinan redaksi

d. redaktur pelaksama

e. reporter & fotografer

f. pimpinan perusahaan

g. kabag sirkulasi

h. kabag iklan

b.Secara tugas pokok dan kerja masing-masing jabatan dalam struktur manajemen media diatas

1.direktur utama,adalah pemilik sebuah perusahaan (dalam waktu tertentu)

2.direktur,pimpinan yang bertanggung jawab terhadap perusahaan

3.pimpinan redaksi,yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan kinerja redaktur

4.pimpinan perusahaan,bertanggung jawab atas kelangsungan perusahaan

5.redaktur pelaksana,bertugas dan bertangung jawab rubric,isi media serta menentukan

6.kabag sirkulasi,yang bertanggung jawab terhadap pemasan

7.reporter & fotografer,mencari dan mengolah serta mengumpulkan berita dan mengabadikan

8.kabag iklan,manajer iklan yang tugasnya mencari pemasang iklan

c.dalam konteks ini ada baiknya kita mengikuti apa yang dikemukakan olmstead (2004:6) yang mengutip hasil-hasil penelitian yang menunjukkan adanya 10 kompetensi yang harus dimiliki orang-orang yang akan melaksanakan transformasi media cetak ,ke 10 kompetensi tersebut adalah:

1.visi,mengidentifikasi tujuan-tujuan strategis dan inovasi unggulan

2.berfokus pada pelanggan (custumer focus) mengantisipasi kebutuhan pelanggan;menyampaikan produk yang melebihi ekspektasi pelanggan.

3.perubahan yang membawa pada keunggulan-secara efektif mendorong dan mengimplementasikan prakarsa-prakarsa perubahan.

4.mendorong hasil mendorong organisasi dan dirinya sendiri untuk menjadi unggul

5.komunikasi interpersonal-berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan orang-orang yang berada di dalam dan diluar organisasi.

6.manajemen relasi-membangun ,menjaga dan menghargai relasi positif dengan orang di dalam dan di luar organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis.

7.pembimbingan dan pengembangan – mendorong dan memberi contoh untuk pengembangan pegawi dan perkembangan karir jangka panjang.

8.integritas,menjunjung tinggi standar kejujuran dan etika,

9.kecerdasan bisnis-memahami konsep bisnis dan keuangan serta bisnis perusahaan secar umum;menggunakan pengetahuan umum dan spesifik untuk bisa efektif.

10.kepiawaian belajar-melakukan penyesuaian dan perbaikan kinjerja diri secara berkelanjutan.

 

3.a.KOMUNIKASI ORGANISASI,dalam kepustakaan manajemen setidaknya ada 5(lima) cata atau pendekatan dalam perngorganisasian yang membagi satu organisasi ke dalam beberapa divisi,keenam pengorganisasian itu dilakukan melalui pendekatan :

1.fungsi,yaitu pengorganisasian berdasarkan fungsi yang dijalankan.fungsi-fungsi tersebut mencerminkan sifat bisnis yang dilaksanakannya organisasi.

2.produk,yaitu pengorganisasian yang merajut semua fungsi yang diperlukan untuk membuat dan memasrkan produk.

3.wilayah geografis,yang mengorganisasikan dengan cara mengelompokkan pekerjaan berdasarkan wilayah atau geografis.

4.proses,yaitu pengelompokan pekerjaan berdasarkan arus produksi atau pelanggan.masing-masingproses itu tentu saja akan memerlukan keterampilan tertentu yang kemudian dikatagorikan sebagai kegiatan pelaksanaan pekerjaan.

5.palanggan,yaitu mengelompokkan pekerjaan berdasarkan sejumlah kesamaan kebutuhan atau masalah pelanggan.

b.koordinasi,dengan demikian pengorganisasian pada dasarnya merupakan penyusunan pengelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan.kegiatan tersebut memerlukan pembagian kerja yang tercermin dalam pengelompokan berdasarkan n=bagian dan koordinasi,pengelompokan itu akhirnya melahirkan struktur pengorganisasian,pendekatan yang dapat dipergunakan dalam penyusunan struktur keorganisasian itu adalah berdasarkan .a.fungsi b.produk.c.wilayah geografis.d.pelanggan e.proses.

c.motivasi,tentu saja seorang manajer tidak cukup memiliki jiwa kepemimpinan dalam menggerakkan orang-orang di dalam organisasinya.pemberian motivasi juga merupakan hal penting dalam penggerakan.bila kepemimpinan merupakan penggerakan secara ekstrinsik karena datangnya dari luar maka pemberian motivasi penggerakan dilakukan secara instrinsik karena dirinya sendirilah yang menggerakkannya bukan orang lain.

 

4.a.MONITORING,sebagai control untuk memastikan kualitas dan kuantitas serta pencapaian kerja dengan yang direncanakan sesuai target.

b.langkah korektif, menenentukan ruang lingkup masalah,serta solusi untuk memastikan dalam pelaksanaan sesuai harapan.

c.evaluasi proses,membuat survey kepada pelanggan,serta mendengar kritik dan saran.

#manajemenmediamassa #mediamassa #mahasiswa #ilmukomunikasi #ut #unverstasterbuka #prodi #ikom 

Tidak ada komentar: