![]() |
Manajemen Media Massa |
1.TUJUAN MEDIA MASSA
Jika saya mendirikan sebuah
perusahaan media massa yang baru:
a.di era digital seperti
sekarang/jaman ini sudah media massa sudah sangat banyak,hingga ke
kabupaten/kota. Tentu saja saya harus degan media baru secara lebih kreatif dan
inovatif.karena sekarang dijaman digitalisasi tentu saya lebih mengutamakan
mendirikan media massa ONLINE.dengan tujuan lebih mementingkan info-info yang
mendidik serta tidak mengesampingkan masyarakat-masyarakat kecil untuk
menyalurkan informasinya sehingga menjadi aspiratif untuk kalangan atas yang
mempunyai stakeholder.dengan mengedepankan transparan dan penuh nilai-nilai
integritas,sehingga segala permasalahan menjadi tuntas.
b.untuk mencapai sebuh tujuan
pelaksanaannya tentu harus terstruktur diantaranya dalam struktur jabatan
internal maupun eksternal,dan dalam penyajiannya saya kemas dengan beberapa
reporter di setiap daerah/kecamatan dengan tujuan mampu menghadirkan info-info
berkualitas dan mendidik.
c.isi media baru yang saya bangun,selain berita-berita edukasi,info,wisata,kuliner,dan beberapa yang lainnya yang menjadi isi dari media yang saya buat. juga berita-berita semua aspirasi masyarakat kecil untuk bisa menyampaikan kepada stakeholder yang memangku jabatan terkait.
2.a.STRUKTUR ORGANISASI
a. direktur utama
b. direktur pimpinan
c. pimpinan redaksi
d. redaktur pelaksama
e. reporter & fotografer
f. pimpinan perusahaan
g. kabag sirkulasi
h. kabag iklan
b.Secara tugas pokok dan kerja masing-masing jabatan dalam struktur manajemen media diatas
1.direktur utama,adalah pemilik
sebuah perusahaan (dalam waktu tertentu)
2.direktur,pimpinan yang bertanggung
jawab terhadap perusahaan
3.pimpinan redaksi,yang bertanggung
jawab terhadap keseluruhan kinerja redaktur
4.pimpinan perusahaan,bertanggung
jawab atas kelangsungan perusahaan
5.redaktur pelaksana,bertugas dan
bertangung jawab rubric,isi media serta menentukan
6.kabag sirkulasi,yang bertanggung
jawab terhadap pemasan
7.reporter & fotografer,mencari
dan mengolah serta mengumpulkan berita dan mengabadikan
8.kabag iklan,manajer iklan yang
tugasnya mencari pemasang iklan
c.dalam konteks ini ada baiknya kita
mengikuti apa yang dikemukakan olmstead (2004:6) yang mengutip hasil-hasil
penelitian yang menunjukkan adanya 10 kompetensi yang harus dimiliki
orang-orang yang akan melaksanakan transformasi media cetak ,ke 10 kompetensi
tersebut adalah:
1.visi,mengidentifikasi
tujuan-tujuan strategis dan inovasi unggulan
2.berfokus pada pelanggan (custumer
focus) mengantisipasi kebutuhan pelanggan;menyampaikan produk yang melebihi
ekspektasi pelanggan.
3.perubahan yang membawa pada
keunggulan-secara efektif mendorong dan mengimplementasikan prakarsa-prakarsa
perubahan.
4.mendorong hasil mendorong
organisasi dan dirinya sendiri untuk menjadi unggul
5.komunikasi
interpersonal-berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan orang-orang yang
berada di dalam dan diluar organisasi.
6.manajemen relasi-membangun
,menjaga dan menghargai relasi positif dengan orang di dalam dan di luar
organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis.
7.pembimbingan dan pengembangan –
mendorong dan memberi contoh untuk pengembangan pegawi dan perkembangan karir
jangka panjang.
8.integritas,menjunjung tinggi
standar kejujuran dan etika,
9.kecerdasan bisnis-memahami konsep
bisnis dan keuangan serta bisnis perusahaan secar umum;menggunakan pengetahuan
umum dan spesifik untuk bisa efektif.
10.kepiawaian belajar-melakukan
penyesuaian dan perbaikan kinjerja diri secara berkelanjutan.
3.a.KOMUNIKASI ORGANISASI,dalam
kepustakaan manajemen setidaknya ada 5(lima) cata atau pendekatan dalam
perngorganisasian yang membagi satu organisasi ke dalam beberapa divisi,keenam
pengorganisasian itu dilakukan melalui pendekatan :
1.fungsi,yaitu pengorganisasian
berdasarkan fungsi yang dijalankan.fungsi-fungsi tersebut mencerminkan sifat
bisnis yang dilaksanakannya organisasi.
2.produk,yaitu pengorganisasian yang
merajut semua fungsi yang diperlukan untuk membuat dan memasrkan produk.
3.wilayah geografis,yang
mengorganisasikan dengan cara mengelompokkan pekerjaan berdasarkan wilayah atau
geografis.
4.proses,yaitu pengelompokan pekerjaan
berdasarkan arus produksi atau pelanggan.masing-masingproses itu tentu saja
akan memerlukan keterampilan tertentu yang kemudian dikatagorikan sebagai
kegiatan pelaksanaan pekerjaan.
5.palanggan,yaitu mengelompokkan
pekerjaan berdasarkan sejumlah kesamaan kebutuhan atau masalah pelanggan.
b.koordinasi,dengan demikian
pengorganisasian pada dasarnya merupakan penyusunan pengelenggaraan kegiatan
untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan.kegiatan tersebut
memerlukan pembagian kerja yang tercermin dalam pengelompokan berdasarkan
n=bagian dan koordinasi,pengelompokan itu akhirnya melahirkan struktur
pengorganisasian,pendekatan yang dapat dipergunakan dalam penyusunan struktur
keorganisasian itu adalah berdasarkan .a.fungsi b.produk.c.wilayah
geografis.d.pelanggan e.proses.
c.motivasi,tentu saja seorang
manajer tidak cukup memiliki jiwa kepemimpinan dalam menggerakkan orang-orang
di dalam organisasinya.pemberian motivasi juga merupakan hal penting dalam
penggerakan.bila kepemimpinan merupakan penggerakan secara ekstrinsik karena
datangnya dari luar maka pemberian motivasi penggerakan dilakukan secara
instrinsik karena dirinya sendirilah yang menggerakkannya bukan orang lain.
4.a.MONITORING,sebagai control untuk
memastikan kualitas dan kuantitas serta pencapaian kerja dengan yang
direncanakan sesuai target.
b.langkah korektif, menenentukan
ruang lingkup masalah,serta solusi untuk memastikan dalam pelaksanaan sesuai
harapan.
c.evaluasi proses,membuat survey kepada pelanggan,serta mendengar kritik dan saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar