Selasa, 07 Januari 2025

Komunikasi Massa Ilmu Komunikasi

Komunikasi Massa Ilmu Komunikasi

Komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada khalayak luas melalui media massa. Media massa yang digunakan dalam komunikasi massa bisa berupa media cetak, seperti surat kabar dan majalah, atau media elektronik, seperti radio dan televisi. Selain itu, komunikasi massa juga dapat dilakukan melalui platform digital, seperti situs web, media sosial, dan aplikasi seluler.

Komunikasi massa memiliki beberapa karakteristik, di antaranya: Sifatnya publik dan luas, Bersifat satu arah, Tidak langsung, Pesan yang disampaikan tidak tertutup, Publik yang secara geografis tersebar di mana saja.

Komunikasi massa memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan mempengaruhi opini publik. Beberapa contoh komunikasi massa adalah

1.SURAT KABAR ONLINE

Kalau dilihat dari fungsi suratkabar maka suratkabar online tidak berbeda dari suratkabar cetak,keduanya mengumpulkan,mengevaluasi, dan mengorganisir informasi.keduanya berbeda dalam cara mendistribusikannya kepada pembaca. Koran tradisional menggunakan kertas,tinta,cetakan,memerlukan truk dan pekerja harian agar Koran dapat sampai ke tangan pembaca,sementara Koran online ditransmisikan secara digital.

Kelebihan Koran online dibandingkan dengan Koran tradisional adalah

a.jumlah berita dalam satu edisi, Koran cetak terbatas pada halaman.koran online tidak terbatas panjangnya berita,transkrip wawancara,tabel, dan grafik dapat di akomodir.

b.koran online dapat diperbarui (update) terus menerus karena tidak ada tenggat waktu (deadline) bagi Koran tersebut.

c.koran online mempunyai karakter interaktif,alamat email,obrolan interaktif (chat rooms), dan bulletin boards memungkinkan pembaca untuk cepat memberikan masukan,beberapa diantaranya memiliki arsip (archives) yang dapat diakses.

Pada tahun 1994, di AS terdapat 20 suratkabar yang telah memiliki halaman situs (website), tahun 2000 sudah 1100 surat kabar online,dari 148 dan 150 koran paling popular sudah memiliki news online. Asosiasi suratkabar AS atau newspaper association of America’s (NAA) website  (www.na.org) telah memiliki matarantai dengan 1,153 harian online,seperti USA today,yang memiliki sirkulasi lebih dari dua juta eksemplar sampai americus (Georgia) times-recorder yang memiliki sirkulasi 6.900 eksemplar.

 Website Koran pada awal kemunculannya merupakan modifikasi versi Koran cetaknya.penerbit berharap agar website dapat menarik pemasukan dari iklan agar dapat mendapatkan keuntungan dari versi online.tetapi hal ini tidak terjadi bagi kebanyakan suratkabar,website hanyalah merupakan saluran pembuangan bagi keuangan,oleh karena itu,penerbit mencari cara lain untuk mendapatkan pemasukan.salah satunya meminta bayaran bagi pelanggan versi online.seperti dilakukan oleh wallstreet journal.

EDISI DIGITAL,sebuah Koran edisi digital dibandingkan dengan versi online,edisi online tampak berbeda dari edisi cetak,Koran online tidak punya nomor halaman,halamannya tidak terbagi atas kolom,Koran itu tidak punya batas atas atau batas bawah,teksnya  ditulis dengan bentuk huruf (font) yang berbeda dari Koran cetak,dan koran iti tidak berisi iklan yang sama dengan iklan pada koran cetaknya,sebaliknya Koran digital menyaikan isi yang sama seperti Koran cetaknya,tetapi dalam bentuk yang dapat dibaca dengan menggunakan layar computer.

Adapun keuntungan dari edisi digital dibandingkan dengan versi online adalah edisi ini lebih dikenal oleh pembaca  karena memiliki desain dan tipografi yang sama dengan Koran cetaknya.

kedua,edisi digital ini menunjukan dimana sebuah berita diletakkan sehingga pembaca mudah mendapatkannya,pembaca ingin mengetahui hal ini karena mereka tahu bahwa pada hari itu,sebuah berita terdapat pada halaman 14 lebih penting daripada halaman 1 atau halaman kedua.

Ketiga,edisi digital sangat menyenangkan karena mereka dapat mengunduh secara otomatis kedalam computer miliknya.sementara itu surat kabar online menuntut pembacanya untuk mengunjungi situ sebelum membaca,tambahan lagi sekali Koran digital diunduh ,pembaca dapat membawanya kemana-mana ,sebaliknya untuk pembaca Koran online ,pembaca harus terhubung dengan internet.

Ada beberapa kelemahan dalam Koran digital ini,untuk memperoleh hasil terbaik pelanggan membutuhkan modem ,tidak seperti Koran online yang dapat diperbarui beberapa kali dalam sehari,edisi digital diterbitkan sehari sekali sehingga tidak jarang beritanya dirasakan sudah basi,selain itu,membaca edisi digital menuntut pembaca untuk memperbesar (zooming) dan menggeser (scrolling) halaman berita,hal ini membuat pembaca menjadi kurang nyaman.

Surat kabar tradisional biasanya diantar sampai kerumah atau ke kantor pembaca,di era digital Koran dapat dikirim langsung ke pembaca berkat adanya internet dan munculnya berbagai peralatan telepon genggam (handphone-hp) personal digital assistant (PDA) dan laptop,wall street journal misalnya mengirim berita financial kepada pembacanya melalui hp usa today juga mengirim berita terkini setiap lima belas menit,melalui hp dan pda kepada 100.000 pelanggan,sekarang mereka juga dapat mengirim berita ke tablet PCs,alat ini beratnya sejitar 1,5 kg dan tebalnya kira-kira 2,5 cm dan ukurannya selebar kertas 14 alat ini dapat menyajikan tulisan grafik dan dapat digunakan untuk melihat audio dan video clips.


2.YELLOW NEWSPAPER

Era Koran kuning (yellow journalism) ditandai dengan informasi yang sensasional,liputan human interest,dan munculnya disain Koran yang lebih menarik.

The penny press

Istilah penny pers diberikan kepada suratkabar seharga satu penny (sama dengan satu sen dolar AS) padahal biasanya harga suratkabar adalah 6sen.ide ini dimunculkan oleh benyamin day yang berumur 22 tahun ketika dia menerbitkan new York sun yang berisi seks,kekerasan,berita local dan berita human interest lainnya.

Munculnya penny pers mengubah emapt hal dibidang jurnalisme

a.faktor keuntungan ekonomi dalam suratkabar,sebelum kehadiran penny pers keuntungan surat kabar hanya didasarkan pada jumlah pelanggan Koran.sirkulasi penny pers yang besar menyadarkan pengiklan bahwa merekan dapat menggapai audiens yang lebih besar dan pembeli potensial dengan membeli ruang atau kolom dalam suratkabar.alhasil Koran saat itu lebih banyak berisi iklan daripada Koran-koran sebelumnya,selain itu pembaca suratkabar popular menghapus pemisahan kelas social dan partai politik.

b.pola distribusi suratkabar sebelum penny pers pola penyebaran surat kabar menggunakan pos atau berlangganan ,tetapi ketika muncul penny pers maka Koran dapat dijual dijalanan.koran-koran ini kemudian harus saling berkompetisi,alhasil para editor terdorong untuk mendapatkan berita yang eksklusif dan orisinal.

C.difinisi berita,penny pers mendifiniskan ulang konsep sebuah berita.penny pers menggaji reporter untuk pergi keluar mencari berita ,reporter mulai bertugas untuk rubric-rubrik yang special ,seperti financial,sports,agama,dan lainnya.koresponden luar negeri juga mulai popular,dan suratkabar mengubah tekanan pemberitaan dari kehidupan social kelas elit menjadi kelas menengah.

d.teknik pengumpulan berita,perubahan yang dilakukan penny pers membuat Koran semakin menekankan unsure komuditas,jadi berita yang terbaru dianggap berita yang punya nilai tambah,juga cerita-cerita diperoleh dan dikirimkan melalui transportasi,seperti kereta api,kapal laut,pony express dan juga telegraph.

3.STRUKTUR ORGANISASI INDUSTRI MAJALAH

Berdasarkan organisasi,industri majalah dapat dibagi menjadi dua kategori :

Tipe majalah dan struktur dalam industri majalah (doinick 2005.130).

1.tipe majalah

tipe majalah dilihat dari isinya ,dikategorikan sebagai berikut:

a.majalah umum

majalah umum biasanya dibeli secara eceran pada kios Koran dan surat kabar,ditoko buku atau diperoleh dengan cara berlangganan,tipe majalah consumer ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan tipe majalah bisnis dan tipe majalah organisasi atau perusahaan,namun tipe majalah ini mempunyai khalayak paling luas,tipe ini dibagi dalam kategori spesifikasi yang mempunyai banyak variasi,misalnya majalah pria,majalah wanita,majalah hiburan,majalah hobi dan lain sebagianya ,majalah ini juga diterbitkan dalam versi cetak maupun online.contoh paling popular di amerika adalah majalah people,time,reader;s digest.tv guide .sport illustrated dan woman;s day.

b.majalah bisnis atau perdagangan

majalah bisnis menspesifikasikan diri pada bisnis tertentu sehingga isinya berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan pembacanya,banyak dari majalah ini disajikan secara gratis bagi khalayak tertentu,peran dari majalah ini melayani masyarakat umum,kelompok industry,dan kelompok professional ,oleh karena itu jangkauan khalayaknya juga terbatas pada para pebisnis saja,majalah jenis ini tidak ditemukan di kios Koran,biasanya diterbitkan oleh penerbit independen yang tidak ada hubungannya dengan bidang yang mereka layani.

Beberapa publikasi bisnis disebut vertical atau horizontal,disebut vertical karena berisi seluruh aspek dalam satu bidang.sebagai contoh ,laporan pulp and paper kepada seluruh segmen dari industry kertas sedangkan disebut horizontal karena berhubungan dengan bisnis beragam,sama seperti majalah jenis umum ,publikasi ini juga dapat bertahan dalam versi cetak maupun online.

c.majalah yang dibuat khusus

tipe majalah yang ketiga adalah majalah yang dicetak berdasarkan pesanan sponsor (sebuah perusahaan) seorang klien mendapatkan maalah ini karena membeli atau menggunakan sebuah produk tertentu,jadi majalah  ini diberikan secara gratis,tetapi dapat juga majalah ini dijual di kios majala.tujuan dari penerbitan majalah ini adalah mempromosikan atau meningkatkan penggunaan produk perusahaan ,majalah ini diterbitkan oleh perusahaan yang mencoba mempertahankan kepuasan konsumen dan sekaligus berusaha menarik klien baru.majalah ini sebagian didistribusikan secara gratis diberbagai lokasi bisnis dan sebagian lainnya dijual di kios Koran,contoh sony menerbitkan sony style ,adalah majalah yang mempromosikan produk-produk elektronik mereka,ikea memproduksi space,yaitu majalah gaya hidup yang mendorong pembaca untuk membeli produk-produk ikea.contoh lain adalah majalah yang disajikan dalam sebuah maskapai penerbangan yang di desain agar perjalanan penumpang terasa lebih nyaman.tentunya sangat jelas siapa yang menjadi sponsor dari penerbitan majalah tersebut.iklan dalam tipe majalah ini merupakan bagian dari majalah ini,dan iklan dari perusahaan lainnya.

1.siaran televisi mulai masuk pada system digital pada tanggal 19 juni 2009 (mominick,messere & Sherman,2012.26) televisi digital memiliki gambar yang lebih jelas dan suara yang lebih jernih dan tersedia dalam format layar lebar.tentu saja system DTV lebih berkualitas daripada system lama yang menggunakan analog.selain itu televise digital memungkinkan pengyiaran high-definition television (HDTV).popularitas HDTV meroket beberapa tahun terakhir di abad 21 ini,pada tahun 2010 saja 50% rumah tangga di AS sudah memiliki HDTV,selain itu signal HDTV hanya memerlukan ruang yang lebih kecul dalam spectrum elektromagnetik.konsekuensinya para pelaku industry penyiaran (broadcaster) dapat membagi saluran digital dan menawarkan program yang berbeda tempat yang sama,pada tahun 2010 sebagian besar industry penyiaran di AS pindah ke system digital dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

2.pada dasarnya tiga langkah utama dalam pembuatan film terdiri dari :

a.PRA-PRODUKSI,sebuah film pasti dimulai dengan adanya sebuah gagasan atau ide cerita,gagasan atau ide cerita ini kemudian dapat dituliskan dalam bentuk garis besar cerita (outline)yang kemudian diberi alur cerita (plot).film terkadang juga diangkat dari sebuah cerita novel,seperti film laskar pelangi yang ceritanya diangkat dari novel berjudul laskar pelangi karya novelis Indonesia,andrea hirata,setelah dibuat garis besar(outline) cerita,langkah selanjutnya dalam tahap produksi adalah menulis cerita untuk film tersebut,secara umum langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah naskah film adalah: pertama ,membuat treatment dalam hal ini deskripsi lengkap tentang karakter utama tokoh dalam film tersebut serta lokasi tempat pengambilan gambar akan dilangsungkan,tahapan ini juga dapat berupa contoh dialog yang akan dimainkan.

Kedua,mengonsep isi naskah film awal,pada tahap ini dituliskan pula seluruh detail dialog yang akan dimainkan ,beserta teknik kamera yang akan digunakan,serta ddeskripsi urutan tindakan yang harus dimainkan oleh para actor/aktris.

Ketiga,merevisi naskah film,naskah film awal yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dapat saja berubah setalah melalui beberapa proses pengambilan gambar.perubahan itu dapat dating dari sutradara,produser,atau bahkan actor film itu sendiri.

Keemapt,merapikan naskah film,setelah di revisi,naskah film kemudian dirapikan kembali dengan memasukkan seluruh hasil revisi dialog.penambahan atau pengurangan adegan,dan perubahan minor lainnya yang telah disepakati bersama.

Pada tahap pra-produksi ini pula para produser film mulai mencari actor atau aktris yang dinilai cocok untuk memerankan tokoh-tokoh tertentu dalam film yang akan digarap.aktor atau aktris yang akan bermain dalam sebuah film sering kali disebut dengan istilah talent,setelah ditentukan siapa saja yang akan berperan dalam sebuah fil,pihak produser kemudian akan membuatkan kontrak dan surat perjanjian kerja sama antara pihak production house(PH) dengan actor/aktirs yang akan diperanlkan dalam sebuah film.

b.PRODUKSI,setelah seluruh proses praproduksi selesai maka proses selanjutnya adalah masuk ketahap produksi film.pada tahap ini apa yang sudah dirancang dan direncanakan pada tahap produksi mulai dilaksanakan.para actor/aktris mulai berakting di depan kamera mengikuti arahan sutradara hingga diperoleh gambar adegan film yang sesuai dengan keinginan sutradara film.lokasi pengambilan gambar sebuah film sering kali berpindah lokasi ke beberapa tempat untuk mendapatkan suasana adegan yang sesuai dengan apa yang sudah tertulis dalam naskah film,proses produksi sebuah film memerlukan biaya produksi yang cukup besar,oleh karenanya anggaran biaya yang sudah ditetapkan pada tahap pra-produksi harus dialokasikan secara cermat dan efisien agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan rata-rata lama pembuatan sebuah film adalah 70 hari.dengan lama syuting perharinya mencapai lebih dari 16 jam.

c.PASKAPRODUKSI    ,tahap akhir dari proses pembuatan film adalah tahap postproduction atau paskaproduksi,tahap ini dimulai setelah seluruh tahap produksi film selesai.setelah selirih proses pengambilan gambar di lapangan maupun studio selesai.pihak yang paling bertanggungjawab pad proses paskaproduksi ini adalah editor,seorang editor film bersama dengan sutradara,akan merundingkan dan memutuskan adegan mana saja yang harus dipotong dan sudut pengambilan gambar apa saja yang akan disusun agar menghasilkan rangkaian adegan film terbaik,hasil editing akhir ini akan berpengaruh terhadap lamanya waktu pemutaran film di bioskop,dalam proses editing terkadang editor film juga memasukkan sejumlah special effects untuk memperkuat nuansa tertentu dalam sebuah film.setelah seluruh adegan film di edit dan disetujui oleh sutradara dan produser maka tahap selanjutnya adlah memasukkan music dan suara kedalam film yang telah diedit.sura yang telah diperbaiki/diulangi,kemudian setelah film yang sudah diedit tersebut dilengkapi soundtrack dan special effects film itu lalu dikirim ke laboratorium untuk dicetak diperbanyak.

3.karakteristik pemanfaatan televisi pada masa Orde Baru,televise repuplik Indonesia (TVRI) satu-satunya televisi Indonesia pada masa orde baru sebelum televise swasta hadir di era tahun 1990-an.stasiun televisi itu dijadikan propaganda/perpolitikan oleh pemerintah di masa orde baru.

Gemah ripah loh jinawi tidak kurang satu apapun ,yang kerap ditayangkan distasiun televisi masa orde baru,walaupun dibelahan dunia sangat kekurangan yang disiarkan dunia dalam berita.


1.SEARCH ENGINE,aplikasi internet yang paling sering digunakan adalah mesin mesin penelusuran (search engine), aplikasi ini memadamkan kata yang diketik dalam jendela penelusuran (search window) untuk dicari informasinya secara online berdasarkan kesesuaian dengan kata-kata kunci yang disediakan oleh pemilik situs dalam konten situsnya.penyedia mesin penelusuran ini.diantara lain google dan bing.namun setiap mesin penelusuran memiliki hasil yang berbeda disebabkan perbedaan cara atau tempat pemilihan dari kata kunci yang dicari seperti judul halaman situs,kemunculan dalam suatu halaman,dan juga keseringan dari peranti lunak penelusuran (bot) bekerja pada mesin penelusuran tersebut.

Untuk akademis dan pendidikan,terdapat mesin penelusuran yang popular yaitu proquest,sedangkan di Indonesia telah dikembangkan mesin penelusuran garuda milik direktorat jenderal pendidikan tinggi kementrian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia (dirjen dikti RI) mesin penelusuran seperti proquest atau garuda dapat membantu mahasiswa mencari artikel dalam jurnal,skripsi,tesis,disertai ataupun hasil-hasil penelitian lain yang telah dipublikasikan untuk akademisi,antara lain google book dan google scholar (staubhaar,larose dan davemport 2012).

Namun dengan seiring perkembangan situs,saat ini berkembang istilah web 2.0 yang lebih mengandalkan kepada interaktivitasnya dan kedinamisan dari penggunanya,kemudahan yang difasilitasi oleh web 2.0 menyebabkan berkembang aplikasi internet. Seperti (1) blog (2) social network site (3) content sharing (4) voice over internet protocol-video calling, dan (5) online game.

2.IMPLIKASI SOSIAL INTERNET,semakin tumbuhnya aplikasi internet menyebabkan konsekuensi dan implikasi sosial,seperti (1) model baru bentuk pemberitaan (2) kurangnya penjaga gawang (gatekeeper) (3) banjir informasi (4) privasi , dan (5) eskapisme dan isolasi (Dominick 2009).

MODEL BARU PEMBERITAAN,internet memberikan fungsi pengawasan tambahan bagi media massa dengan adanya blog sebagai salah satu aplikasi internet menyebabkan ketika peristiwa berita terjadi,pihak-pihak yang terlibat dan tertarik dapat memposting blog untuk dibaca oleh orang lain.peristiwa bom teroris di London tahun 2005,blogger merupakan pihak pertama yang menyebarluaskan,pada operasi pembebasan irak blogger memberikan informasi detail tentang kehidupan di Baghdad,hal ini memperlihatkan perubahan jurnalisme terkait dari atas kebawah (top down structure) saat ini berita dimulai dari sumber dan menjadi bagian penting bagi siapa saja yang tertarik.

KURANGNYA GATEKEEPER,media massa tradisional biasanya memiliki sejumlah penjaga pintu (gatekeeper) namun internet tidak ada penjaganya.situasi ini memberikan beberapa implikasi,pertama resiko banjirnya sistem dengan pesan-pesan yang tidak di inginkan,hal-hal yang kecil dan tidak bermanfaat.semakin meningkatnya pesan tanpa ada kendali,menyebabkan sistem dapat menjadi mati akibat lalu lintas pesan yang tinggi. Kedua ,penjaga pintu selalu berfungsi sebagai evaluator informasi,misalnya editor surat kabar dan sturktur berita televise mempertimbangkan otentisitas dan kredibilitas sumber berita yang potensial.penjaga pintu terkadang saja melakukan ketidak sempurnaan.oleh karena itu terddapat banyak kesalahan yang dapat diperoleh dari internet  yang tidak dapat dijamin otensitas dan kredibilitasnya maka penggunaan dari informasi tersebut memiliki risiko tersendiri dengan konsekuensinya : misalnya newsgroup terkait dengan unidentifield flyaing object (ufo) penampakan ufo dan penculikan oleh makhluk asing (alien) sering kali menjadi kontroversi dalam kredibilitas. Ketiga,tidak adanya penjaga pintu maka tidak ada sensor sehingga internet seperti kota yang nyaman dengan menyediakan jalan-jalan yang baik untuk seluruh keluarga,tetapi ada juga jalan-jalan yang tidak boleh dilalui ileh keluarga terutama anak-anak dibawah umur.

BANJIRNYA INFORMASI,kehadiran internet mempresentasikan alat pengolah informasi yang tidak parallel,pada bagian tertentu internet memberikan seseorang untuk mengetahui cara menggunakan dan memahaminya,misalnya seorang mahasiswa dalam mencari sumber dapat menemukan dengan mudah sumber referensi teks,buku,jurnal ataupun tulisan karya ilmiyah lainnya dengan baik.

PRIVASI,internet juga menyebabkan sejumlah perhatian terhadap masalah privasi.mengelola privasi seseorang dalam zaman elektronik saat ini bukanlah hal yang baru sebelum munculnya internet informasi tentang sesorang dapat dicari di berbagai tempat dan lokasi  yang tersebar dalam waktu yang berhari-hari,bahkan berbulan-bulan.saat ini dengan adanya komputerisasi database mempermudah orang untuk mendapatkan hal yang sama dengan beberapa klik mouse.

ESKAPISME DAN ISOLASI,dilemma internet juga terjadi terkait permasalahan apakah internet memisahkan penggunanya dari interaksi dengan orang lain,saat ini banyak individu menghabiskan waktu terkait dengan mengirim email,pesan singkat,obrolan online,bermain game,jualan online dll.

3.- ISP(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjadi penyedia layanan internet atau menyediakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan internet.

Perusahaan ISP kadang-kadang diidentifikasi sebagai OSP (dalam penggunaan ini) menawarkan berbagai layanan online sendiri yang terpisah dari Internet dan terkadang versi browser Web mereka sendiri.

ISP lebih berfokus kepada penyediaan infrastruktur sambungan internet dan layanan yang berkaitan dengan sambungan internet, sedangkan OSP berfokus kepada isi/content yang ditawarkan oleh penyedia jasa internet itu sendiri.

Kunjungi Artikel Terkait:

universitas-terbuka-surabaya

manajemen-media-massa

produksi-media

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #makalah #kreatifitasmahasiswa #mahasiswa #mahasiswaut #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia #tugaspkn #ilmukomunikasi #artikel #komunikasimassa #tugaskomunikasimassa #tugaskuliah


Tidak ada komentar: