![]() |
Komunikasi Massa Ilmu KomunikasiKomunikasi massa adalah proses
penyampaian pesan dari satu pihak kepada khalayak luas melalui media
massa. Media massa yang digunakan dalam komunikasi massa bisa berupa media
cetak, seperti surat kabar dan majalah, atau media elektronik, seperti radio
dan televisi. Selain itu, komunikasi massa juga dapat dilakukan melalui
platform digital, seperti situs web, media sosial, dan aplikasi seluler. Komunikasi massa memiliki beberapa
karakteristik, di antaranya: Sifatnya publik dan luas, Bersifat satu arah,
Tidak langsung, Pesan yang disampaikan tidak tertutup, Publik yang secara
geografis tersebar di mana saja. Komunikasi massa memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan mempengaruhi opini publik. Beberapa contoh komunikasi massa adalah1.SURAT KABAR ONLINEKalau dilihat dari fungsi suratkabar maka suratkabar online tidak berbeda dari suratkabar cetak,keduanya mengumpulkan,mengevaluasi, dan mengorganisir informasi.keduanya berbeda dalam cara mendistribusikannya kepada pembaca. Koran tradisional menggunakan kertas,tinta,cetakan,memerlukan truk dan pekerja harian agar Koran dapat sampai ke tangan pembaca,sementara Koran online ditransmisikan secara digital. Kelebihan Koran
online dibandingkan dengan Koran tradisional adalah a.jumlah berita
dalam satu edisi, Koran cetak terbatas pada halaman.koran online tidak terbatas
panjangnya berita,transkrip wawancara,tabel, dan grafik dapat di akomodir. b.koran online
dapat diperbarui (update) terus menerus karena tidak ada tenggat waktu
(deadline) bagi Koran tersebut. c.koran online mempunyai karakter interaktif,alamat email,obrolan interaktif (chat rooms), dan bulletin boards memungkinkan pembaca untuk cepat memberikan masukan,beberapa diantaranya memiliki arsip (archives) yang dapat diakses. Pada tahun 1994, di AS terdapat 20 suratkabar yang telah memiliki halaman situs (website), tahun 2000 sudah 1100 surat kabar online,dari 148 dan 150 koran paling popular sudah memiliki news online. Asosiasi suratkabar AS atau newspaper association of America’s (NAA) website (www.na.org) telah memiliki matarantai dengan 1,153 harian online,seperti USA today,yang memiliki sirkulasi lebih dari dua juta eksemplar sampai americus (Georgia) times-recorder yang memiliki sirkulasi 6.900 eksemplar. Website Koran pada awal kemunculannya
merupakan modifikasi versi Koran cetaknya.penerbit berharap agar website dapat
menarik pemasukan dari iklan agar dapat mendapatkan keuntungan dari versi
online.tetapi hal ini tidak terjadi bagi kebanyakan suratkabar,website hanyalah
merupakan saluran pembuangan bagi keuangan,oleh karena itu,penerbit mencari
cara lain untuk mendapatkan pemasukan.salah satunya meminta bayaran bagi
pelanggan versi online.seperti dilakukan oleh wallstreet journal. EDISI
DIGITAL,sebuah Koran edisi digital dibandingkan dengan versi online,edisi
online tampak berbeda dari edisi cetak,Koran online tidak punya nomor
halaman,halamannya tidak terbagi atas kolom,Koran itu tidak punya batas atas
atau batas bawah,teksnya ditulis dengan
bentuk huruf (font) yang berbeda dari Koran cetak,dan koran iti tidak berisi
iklan yang sama dengan iklan pada koran cetaknya,sebaliknya Koran digital
menyaikan isi yang sama seperti Koran cetaknya,tetapi dalam bentuk yang dapat
dibaca dengan menggunakan layar computer. Adapun
keuntungan dari edisi digital dibandingkan dengan versi online adalah edisi ini
lebih dikenal oleh pembaca karena
memiliki desain dan tipografi yang sama dengan Koran cetaknya. kedua,edisi
digital ini menunjukan dimana sebuah berita diletakkan sehingga pembaca mudah
mendapatkannya,pembaca ingin mengetahui hal ini karena mereka tahu bahwa pada
hari itu,sebuah berita terdapat pada halaman 14 lebih penting daripada halaman
1 atau halaman kedua. Ketiga,edisi
digital sangat menyenangkan karena mereka dapat mengunduh secara otomatis
kedalam computer miliknya.sementara itu surat kabar online menuntut pembacanya
untuk mengunjungi situ sebelum membaca,tambahan lagi sekali Koran digital
diunduh ,pembaca dapat membawanya kemana-mana ,sebaliknya untuk pembaca Koran
online ,pembaca harus terhubung dengan internet. Ada
beberapa kelemahan dalam Koran digital ini,untuk memperoleh hasil terbaik
pelanggan membutuhkan modem ,tidak seperti Koran online yang dapat diperbarui
beberapa kali dalam sehari,edisi digital diterbitkan sehari sekali sehingga
tidak jarang beritanya dirasakan sudah basi,selain itu,membaca edisi digital
menuntut pembaca untuk memperbesar (zooming) dan menggeser (scrolling) halaman
berita,hal ini membuat pembaca menjadi kurang nyaman. Surat
kabar tradisional biasanya diantar sampai kerumah atau ke kantor pembaca,di era
digital Koran dapat dikirim langsung ke pembaca berkat adanya internet dan
munculnya berbagai peralatan telepon genggam (handphone-hp) personal digital
assistant (PDA) dan laptop,wall street journal misalnya mengirim berita
financial kepada pembacanya melalui hp usa today juga mengirim berita terkini
setiap lima belas menit,melalui hp dan pda kepada 100.000 pelanggan,sekarang
mereka juga dapat mengirim berita ke tablet PCs,alat ini beratnya sejitar 1,5
kg dan tebalnya kira-kira 2,5 cm dan ukurannya selebar kertas 14 alat ini dapat
menyajikan tulisan grafik dan dapat digunakan untuk melihat audio dan video
clips. 2.YELLOW NEWSPAPEREra
Koran kuning (yellow journalism) ditandai dengan informasi yang
sensasional,liputan human interest,dan munculnya disain Koran yang lebih
menarik. The
penny press Istilah
penny pers diberikan kepada suratkabar seharga satu penny (sama dengan satu sen
dolar AS) padahal biasanya harga suratkabar adalah 6sen.ide ini dimunculkan
oleh benyamin day yang berumur 22 tahun ketika dia menerbitkan new York sun
yang berisi seks,kekerasan,berita local dan berita human interest lainnya. Munculnya
penny pers mengubah emapt hal dibidang jurnalisme a.faktor
keuntungan ekonomi dalam suratkabar,sebelum kehadiran penny pers keuntungan
surat kabar hanya didasarkan pada jumlah pelanggan Koran.sirkulasi penny pers
yang besar menyadarkan pengiklan bahwa merekan dapat menggapai audiens yang
lebih besar dan pembeli potensial dengan membeli ruang atau kolom dalam suratkabar.alhasil
Koran saat itu lebih banyak berisi iklan daripada Koran-koran sebelumnya,selain
itu pembaca suratkabar popular menghapus pemisahan kelas social dan partai
politik. b.pola
distribusi suratkabar sebelum penny pers pola penyebaran surat kabar menggunakan
pos atau berlangganan ,tetapi ketika muncul penny pers maka Koran dapat dijual
dijalanan.koran-koran ini kemudian harus saling berkompetisi,alhasil para
editor terdorong untuk mendapatkan berita yang eksklusif dan orisinal. C.difinisi
berita,penny pers mendifiniskan ulang konsep sebuah berita.penny pers menggaji
reporter untuk pergi keluar mencari berita ,reporter mulai bertugas untuk
rubric-rubrik yang special ,seperti financial,sports,agama,dan
lainnya.koresponden luar negeri juga mulai popular,dan suratkabar mengubah
tekanan pemberitaan dari kehidupan social kelas elit menjadi kelas menengah. d.teknik
pengumpulan berita,perubahan yang dilakukan penny pers membuat Koran semakin
menekankan unsure komuditas,jadi berita yang terbaru dianggap berita yang punya
nilai tambah,juga cerita-cerita diperoleh dan dikirimkan melalui
transportasi,seperti kereta api,kapal laut,pony express dan juga telegraph. 3.STRUKTUR ORGANISASI INDUSTRI MAJALAHBerdasarkan
organisasi,industri majalah dapat dibagi menjadi dua kategori : Tipe
majalah dan struktur dalam industri majalah (doinick 2005.130). 1.tipe
majalah tipe
majalah dilihat dari isinya ,dikategorikan sebagai berikut: a.majalah
umum majalah
umum biasanya dibeli secara eceran pada kios Koran dan surat kabar,ditoko buku
atau diperoleh dengan cara berlangganan,tipe majalah consumer ini jumlahnya
lebih sedikit dibandingkan dengan tipe majalah bisnis dan tipe majalah
organisasi atau perusahaan,namun tipe majalah ini mempunyai khalayak paling
luas,tipe ini dibagi dalam kategori spesifikasi yang mempunyai banyak
variasi,misalnya majalah pria,majalah wanita,majalah hiburan,majalah hobi dan
lain sebagianya ,majalah ini juga diterbitkan dalam versi cetak maupun
online.contoh paling popular di amerika adalah majalah people,time,reader;s
digest.tv guide .sport illustrated dan woman;s day. b.majalah
bisnis atau perdagangan majalah
bisnis menspesifikasikan diri pada bisnis tertentu sehingga isinya berfokus
pada hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan pembacanya,banyak dari majalah ini
disajikan secara gratis bagi khalayak tertentu,peran dari majalah ini melayani
masyarakat umum,kelompok industry,dan kelompok professional ,oleh karena itu
jangkauan khalayaknya juga terbatas pada para pebisnis saja,majalah jenis ini tidak
ditemukan di kios Koran,biasanya diterbitkan oleh penerbit independen yang
tidak ada hubungannya dengan bidang yang mereka layani. Beberapa
publikasi bisnis disebut vertical atau horizontal,disebut vertical karena
berisi seluruh aspek dalam satu bidang.sebagai contoh ,laporan pulp and paper
kepada seluruh segmen dari industry kertas sedangkan disebut horizontal karena
berhubungan dengan bisnis beragam,sama seperti majalah jenis umum ,publikasi
ini juga dapat bertahan dalam versi cetak maupun online. c.majalah
yang dibuat khusus tipe
majalah yang ketiga adalah majalah yang dicetak berdasarkan pesanan sponsor
(sebuah perusahaan) seorang klien mendapatkan maalah ini karena membeli atau
menggunakan sebuah produk tertentu,jadi majalah
ini diberikan secara gratis,tetapi dapat juga majalah ini dijual di kios
majala.tujuan dari penerbitan majalah ini adalah mempromosikan atau
meningkatkan penggunaan produk perusahaan ,majalah ini diterbitkan oleh
perusahaan yang mencoba mempertahankan kepuasan konsumen dan sekaligus berusaha
menarik klien baru.majalah ini sebagian didistribusikan secara gratis
diberbagai lokasi bisnis dan sebagian lainnya dijual di kios Koran,contoh sony
menerbitkan sony style ,adalah majalah yang mempromosikan produk-produk
elektronik mereka,ikea memproduksi space,yaitu majalah gaya hidup yang
mendorong pembaca untuk membeli produk-produk ikea.contoh lain adalah majalah
yang disajikan dalam sebuah maskapai penerbangan yang di desain agar perjalanan
penumpang terasa lebih nyaman.tentunya sangat jelas siapa yang menjadi sponsor
dari penerbitan majalah tersebut.iklan dalam tipe majalah ini merupakan bagian
dari majalah ini,dan iklan dari perusahaan lainnya. 1.siaran televisi mulai masuk pada system
digital pada tanggal 19 juni 2009 (mominick,messere & Sherman,2012.26)
televisi digital memiliki gambar yang lebih jelas dan suara yang lebih jernih
dan tersedia dalam format layar lebar.tentu saja system DTV lebih berkualitas
daripada system lama yang menggunakan analog.selain itu televise digital
memungkinkan pengyiaran high-definition television (HDTV).popularitas HDTV
meroket beberapa tahun terakhir di abad 21 ini,pada tahun 2010 saja 50% rumah
tangga di AS sudah memiliki HDTV,selain itu signal HDTV hanya memerlukan ruang
yang lebih kecul dalam spectrum elektromagnetik.konsekuensinya para pelaku
industry penyiaran (broadcaster) dapat membagi saluran digital dan menawarkan
program yang berbeda tempat yang sama,pada tahun 2010 sebagian besar industry
penyiaran di AS pindah ke system digital dan mendapatkan keuntungan yang sangat
besar. 2.pada dasarnya tiga langkah utama dalam
pembuatan film terdiri dari : a.PRA-PRODUKSI,sebuah film pasti dimulai dengan adanya sebuah gagasan atau ide cerita,gagasan atau ide cerita ini kemudian dapat dituliskan dalam bentuk garis besar cerita (outline)yang kemudian diberi alur cerita (plot).film terkadang juga diangkat dari sebuah cerita novel,seperti film laskar pelangi yang ceritanya diangkat dari novel berjudul laskar pelangi karya novelis Indonesia,andrea hirata,setelah dibuat garis besar(outline) cerita,langkah selanjutnya dalam tahap produksi adalah menulis cerita untuk film tersebut,secara umum langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah naskah film adalah: pertama ,membuat treatment dalam hal ini deskripsi lengkap tentang karakter utama tokoh dalam film tersebut serta lokasi tempat pengambilan gambar akan dilangsungkan,tahapan ini juga dapat berupa contoh dialog yang akan dimainkan.Kedua,mengonsep isi naskah film awal,pada
tahap ini dituliskan pula seluruh detail dialog yang akan dimainkan ,beserta
teknik kamera yang akan digunakan,serta ddeskripsi urutan tindakan yang harus
dimainkan oleh para actor/aktris. Ketiga,merevisi naskah film,naskah film awal
yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dapat saja berubah setalah melalui
beberapa proses pengambilan gambar.perubahan itu dapat dating dari sutradara,produser,atau
bahkan actor film itu sendiri. Keemapt,merapikan naskah film,setelah di
revisi,naskah film kemudian dirapikan kembali dengan memasukkan seluruh hasil
revisi dialog.penambahan atau pengurangan adegan,dan perubahan minor lainnya
yang telah disepakati bersama. Pada tahap pra-produksi ini pula para
produser film mulai mencari actor atau aktris yang dinilai cocok untuk
memerankan tokoh-tokoh tertentu dalam film yang akan digarap.aktor atau aktris
yang akan bermain dalam sebuah film sering kali disebut dengan istilah
talent,setelah ditentukan siapa saja yang akan berperan dalam sebuah fil,pihak
produser kemudian akan membuatkan kontrak dan surat perjanjian kerja sama
antara pihak production house(PH) dengan actor/aktirs yang akan diperanlkan
dalam sebuah film. b.PRODUKSI,setelah seluruh proses praproduksi selesai maka proses selanjutnya adalah masuk ketahap produksi film.pada tahap ini apa yang sudah dirancang dan direncanakan pada tahap produksi mulai dilaksanakan.para actor/aktris mulai berakting di depan kamera mengikuti arahan sutradara hingga diperoleh gambar adegan film yang sesuai dengan keinginan sutradara film.lokasi pengambilan gambar sebuah film sering kali berpindah lokasi ke beberapa tempat untuk mendapatkan suasana adegan yang sesuai dengan apa yang sudah tertulis dalam naskah film,proses produksi sebuah film memerlukan biaya produksi yang cukup besar,oleh karenanya anggaran biaya yang sudah ditetapkan pada tahap pra-produksi harus dialokasikan secara cermat dan efisien agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan rata-rata lama pembuatan sebuah film adalah 70 hari.dengan lama syuting perharinya mencapai lebih dari 16 jam.c.PASKAPRODUKSI ,tahap akhir dari proses pembuatan film adalah tahap postproduction atau paskaproduksi,tahap ini dimulai setelah seluruh tahap produksi film selesai.setelah selirih proses pengambilan gambar di lapangan maupun studio selesai.pihak yang paling bertanggungjawab pad proses paskaproduksi ini adalah editor,seorang editor film bersama dengan sutradara,akan merundingkan dan memutuskan adegan mana saja yang harus dipotong dan sudut pengambilan gambar apa saja yang akan disusun agar menghasilkan rangkaian adegan film terbaik,hasil editing akhir ini akan berpengaruh terhadap lamanya waktu pemutaran film di bioskop,dalam proses editing terkadang editor film juga memasukkan sejumlah special effects untuk memperkuat nuansa tertentu dalam sebuah film.setelah seluruh adegan film di edit dan disetujui oleh sutradara dan produser maka tahap selanjutnya adlah memasukkan music dan suara kedalam film yang telah diedit.sura yang telah diperbaiki/diulangi,kemudian setelah film yang sudah diedit tersebut dilengkapi soundtrack dan special effects film itu lalu dikirim ke laboratorium untuk dicetak diperbanyak.3.karakteristik pemanfaatan televisi
pada masa Orde Baru,televise repuplik Indonesia (TVRI) satu-satunya televisi
Indonesia pada masa orde baru sebelum televise swasta hadir di era tahun
1990-an.stasiun televisi itu dijadikan propaganda/perpolitikan oleh pemerintah
di masa orde baru. Gemah ripah loh jinawi tidak kurang
satu apapun ,yang kerap ditayangkan distasiun televisi masa orde baru,walaupun
dibelahan dunia sangat kekurangan yang disiarkan dunia dalam berita. 1.SEARCH
ENGINE,aplikasi internet yang paling sering digunakan adalah mesin mesin
penelusuran (search engine), aplikasi ini memadamkan kata yang diketik dalam
jendela penelusuran (search window) untuk dicari informasinya secara online
berdasarkan kesesuaian dengan kata-kata kunci yang disediakan oleh pemilik
situs dalam konten situsnya.penyedia mesin penelusuran ini.diantara lain google
dan bing.namun setiap mesin penelusuran memiliki hasil yang berbeda disebabkan
perbedaan cara atau tempat pemilihan dari kata kunci yang dicari seperti judul
halaman situs,kemunculan dalam suatu halaman,dan juga keseringan dari peranti
lunak penelusuran (bot) bekerja pada mesin penelusuran tersebut. Untuk akademis dan
pendidikan,terdapat mesin penelusuran yang popular yaitu proquest,sedangkan di
Indonesia telah dikembangkan mesin penelusuran garuda milik direktorat jenderal
pendidikan tinggi kementrian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia
(dirjen dikti RI) mesin penelusuran seperti proquest atau garuda dapat membantu
mahasiswa mencari artikel dalam jurnal,skripsi,tesis,disertai ataupun
hasil-hasil penelitian lain yang telah dipublikasikan untuk akademisi,antara
lain google book dan google scholar (staubhaar,larose dan davemport 2012). Namun dengan seiring
perkembangan situs,saat ini berkembang istilah web 2.0 yang lebih mengandalkan
kepada interaktivitasnya dan kedinamisan dari penggunanya,kemudahan yang
difasilitasi oleh web 2.0 menyebabkan berkembang aplikasi internet. Seperti (1)
blog (2) social network site (3) content sharing (4) voice over internet
protocol-video calling, dan (5) online game. 2.IMPLIKASI SOSIAL INTERNET,semakin
tumbuhnya aplikasi internet menyebabkan konsekuensi dan implikasi
sosial,seperti (1) model baru bentuk pemberitaan (2) kurangnya penjaga gawang
(gatekeeper) (3) banjir informasi (4) privasi , dan (5) eskapisme dan isolasi
(Dominick 2009). MODEL BARU
PEMBERITAAN,internet memberikan fungsi pengawasan tambahan bagi media massa
dengan adanya blog sebagai salah satu aplikasi internet menyebabkan ketika
peristiwa berita terjadi,pihak-pihak yang terlibat dan tertarik dapat
memposting blog untuk dibaca oleh orang lain.peristiwa bom teroris di London
tahun 2005,blogger merupakan pihak pertama yang menyebarluaskan,pada operasi
pembebasan irak blogger memberikan informasi detail tentang kehidupan di
Baghdad,hal ini memperlihatkan perubahan jurnalisme terkait dari atas kebawah
(top down structure) saat ini berita dimulai dari sumber dan menjadi bagian
penting bagi siapa saja yang tertarik. KURANGNYA
GATEKEEPER,media massa tradisional biasanya memiliki sejumlah penjaga pintu
(gatekeeper) namun internet tidak ada penjaganya.situasi ini memberikan
beberapa implikasi,pertama resiko banjirnya sistem dengan pesan-pesan yang
tidak di inginkan,hal-hal yang kecil dan tidak bermanfaat.semakin meningkatnya
pesan tanpa ada kendali,menyebabkan sistem dapat menjadi mati akibat lalu
lintas pesan yang tinggi. Kedua ,penjaga pintu selalu berfungsi sebagai
evaluator informasi,misalnya editor surat kabar dan sturktur berita televise
mempertimbangkan otentisitas dan kredibilitas sumber berita yang
potensial.penjaga pintu terkadang saja melakukan ketidak sempurnaan.oleh karena
itu terddapat banyak kesalahan yang dapat diperoleh dari internet yang tidak dapat dijamin otensitas dan
kredibilitasnya maka penggunaan dari informasi tersebut memiliki risiko
tersendiri dengan konsekuensinya : misalnya newsgroup terkait dengan
unidentifield flyaing object (ufo) penampakan ufo dan penculikan oleh makhluk
asing (alien) sering kali menjadi kontroversi dalam kredibilitas. Ketiga,tidak
adanya penjaga pintu maka tidak ada sensor sehingga internet seperti kota yang
nyaman dengan menyediakan jalan-jalan yang baik untuk seluruh keluarga,tetapi
ada juga jalan-jalan yang tidak boleh dilalui ileh keluarga terutama anak-anak
dibawah umur. BANJIRNYA
INFORMASI,kehadiran internet mempresentasikan alat pengolah informasi yang
tidak parallel,pada bagian tertentu internet memberikan seseorang untuk
mengetahui cara menggunakan dan memahaminya,misalnya seorang mahasiswa dalam
mencari sumber dapat menemukan dengan mudah sumber referensi teks,buku,jurnal
ataupun tulisan karya ilmiyah lainnya dengan baik. PRIVASI,internet juga
menyebabkan sejumlah perhatian terhadap masalah privasi.mengelola privasi
seseorang dalam zaman elektronik saat ini bukanlah hal yang baru sebelum
munculnya internet informasi tentang sesorang dapat dicari di berbagai tempat
dan lokasi yang tersebar dalam waktu
yang berhari-hari,bahkan berbulan-bulan.saat ini dengan adanya komputerisasi
database mempermudah orang untuk mendapatkan hal yang sama dengan beberapa klik
mouse. ESKAPISME DAN ISOLASI,dilemma
internet juga terjadi terkait permasalahan apakah internet memisahkan
penggunanya dari interaksi dengan orang lain,saat ini banyak individu
menghabiskan waktu terkait dengan mengirim email,pesan singkat,obrolan
online,bermain game,jualan online dll. 3.-
ISP(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjadi
penyedia layanan internet atau menyediakan jasa sambungan internet dan jasa
lainnya yang berhubungan dengan internet. Perusahaan
ISP kadang-kadang diidentifikasi sebagai OSP (dalam penggunaan ini) menawarkan
berbagai layanan online sendiri yang terpisah dari Internet dan terkadang versi
browser Web mereka sendiri. ISP lebih berfokus kepada penyediaan infrastruktur sambungan internet dan layanan yang berkaitan dengan sambungan internet, sedangkan OSP berfokus kepada isi/content yang ditawarkan oleh penyedia jasa internet itu sendiri. Kunjungi Artikel Terkait: #universitasterbuka #ut #utsurabaya #makalah #kreatifitasmahasiswa #mahasiswa #mahasiswaut #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia #tugaspkn #ilmukomunikasi #artikel #komunikasimassa #tugaskomunikasimassa #tugaskuliah |
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar