Minggu, 26 Januari 2025

Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat 

Tugas 1  : Hubungan Masyarakat

1. Sebuah organisasi/lembaga berhubungan erat dengan tujuan dan fungsi humas
a. Sebutkan dan jelaskan tugas humas?
b. Sebutkan dan jelaskan tugas humas perusahaan?
2. Kolaborasi marketing dengan humas sering disebut marketing public   relation (MPR)
a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan MPR?
b. Berikan contoh perusahaan yang menggunakan MPR?

 JAWABAN

1.a.humas merupakan bagian dari kajian ilmu komunikasi,karena dalam kajian humas dibahas kegiatan-kegiatan komunikasi yang terjadi dalam organisasi.

*Mengevaluasi sikap dan opini public

*.mengidentifikasi serta menyesuaikan kebijakan-kebijakan organisasi  dengan kepentingan public

*.merencanakan serta melaksanakan program-program/kegiatan-kegiatan

kehumasan agar organisasi dapat mencapai saling pengertian serta diterima keberadaannya oleh public

b.memberikan saran kepada pihak manajemen hal-hal yang berkaitan dengan berbagai kebijakan yang diambil serta dampak dari kebijakan itu bagi public

*mengoordinasikan berbagai kegiatan komunikasi organisasi

*menyediakan sarana bagi upaya-upaya organisasi untuk berkomunikasi atau menjalin hubungan      dengan public

*mencari tahu/mencari informasi tentang opini public terhadap organisasi

2.a.istilah marketing communication (marrcomm) atau marketing public relations (MPR)biasanya digunakan oleh  mereka yang bertugas melakukan kegiatan kehumasan dalam sebuah departemen pemasaran.

Dulunya MPR lebih dikenal dengan publisitas, yang tugasnya mengusahakan editorial space – lawan dari paid space – di berbagai media untuk mempromosikan atau “mengkatrol” sebuah produk, layanan, gagasan, tempat, tokoh atau organisasi. Namun MPR berfungsi lebih jauh dari sekedar publisitas dan punya peran penting dalam :

1.      Mendukung peluncuran produk.

2.      Membantu repositioning produk

3.      Mempopulerkan kategori produk

4.      Mempengaruhi kelompok sasaran

5.      Membela produk yang lagi dalam masalah

6.      Membangun citra perusahaan agar ikut mengkerek citra produk: Menjadi pembicara di berbagai seminar, talkshow di teve, serta pendirian Museum Rekor Indonesia adalah sejumlah upaya yang ikut menciptakan citra yang menguntungkan bagi produk.

ht p://aatmandai.blogspot.com/2012/05/marketing-public-relations-perusahaan.html

 b.  perusahaan produk makanan dan minuman  PT. Danone Indonesia

 

Tugas 2  : Hubungan Masyarakat
 
1. Bagaimana langkah-langkah dalam melakukan perencanaan program kehumasan?
2. Berikan contoh perumusan masalah kehumasan yang terjadi akhir-akhir ini (Anda dapat menggunakan data atau sumber lain)
3. Jika Anda seorang humas Apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?

JAWABAN:

1.Program hubungan masyarakat harus direncanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing publik.kebutuhan ini dapat diketahui dengan melakukan riset terlebih dahulu.hubungan dengan karyawan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti media internal(radio local,televise local,on line/internet),kotak saran,komunikasi tatap muka baik yang formal maupun informal.meeting dan lain sebagainya.

2. Peran pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas nelayan

Penelitian ini tentang masyarakat nelayan yang keberadaannya dipandang sebelah mata oleh pemerintah daerah setempat. Anggap saja penelitiannya diadakan di Kabupaten Lauwa (nama samaran). Nelayan tersebut berada dalam posisi yang marjinal, artinya kebijakan pemerintah daerah tidak menyentuhnya. Pemerintah juga jarang membuat program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan setempat. Dalam setiap persoalan yang dialami nelayan, pemerintah daerah lepas tangan. Akibatnya, masyarakat nelayan kabupaten Lauwa merasa termarjinalkan.

Rumusan Masalah.

Berdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas, ada dua pertanyaan penelitian yang bisa dirumuskan:

Bagaimana karakteristik marjinalitas dan bentuk-bentuk marjinalisasi yang dialami oleh masyarakat nelayan di Kabupaten Lauwa?

Bagaimana peranan pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan kapasitas masyarakat nelayan yang marjinal itu?

3.Berangkat dari latar belakang masalah yang dikaitkan dengan implemetasi program penanggulangan kemiskinan, dimana banyak komponen yang terlibat seperti; pemerintah, kalangan swasta, lembaga swadaya masyarakat, serta pelaksanaanya yang dilakukan secara terencana, terstuktur dan berkesinambungan, maka rumusan masalahnya .

Sumber : http://sosiologis.com/contoh-rumusan-masalah

 

Tugas3   : Hubungan Masyarakat 

Teman-teman mahasiswa, setelah Anda mengikuti minggu ketiga Tuton SKOM4103 Hubungan Masyarakat, silakan Anda kerjakan tugas tutorial 3 berikut ini.

Jawaban berbentuk word. Upload (unggah) pada tempat yang telah disediakan, besar file tidak lebih dari 2 Mb. Ingat! batas waktu pemberian tugas dan tulis sumber/bahan dari jawaban Anda.

Hindari plagiasi dan hindari jawaban yang persis dengan teman lainya, karena bila terindikasi plagiasi atau sama dengan jawaban teman lainya maka tidak akan dinilai.

Kemampuan menulis cepat, tepat dan berkesinambungan akan memebdakan seorang humas professional dan tidak.  Contoh praktik kehumasan adalah penulisan press release, seperti berikut;

“Bahwa pada hari Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu. Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin dimana semula diprediksi dapat selesai lebih awal karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul 16.00 WIB sore ini (26/08) masih berlangsung.

Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada hari ini juga hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke satelit lain, diharapkan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal.

Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu”

https://salamadian.com/contoh-press-release/

1.Berdasarkan contoh tersebut apakah telah menggunakan penulisan informative? Berikan ulasan atas jawaban Anda dengan menggunana 5 W+ 1 H!

2.Apakah ada unsur kebohongan public dari contoh pers release tersebut? Berikan alasannya!

JAWABAN

1.a. What (Apa),merurut pendapat saya menggunakan penulisan informative,5W+1H.karena berdasarkan keterangan/pemberitahuan diatas telah menerangkan atau memberitahukan bahwa satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antenna.

   b. Who (Siapa),dalam hal ini pihak satelit Telkom sendiri yang meminta ma’af dan pemberitahuan kepada seluruh pelanggan

   c. When (Kapan), pada hari Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1.

    d. Where (Dimana), Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin dimana semula diprediksi dapat selesai lebih awal karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul 16.00 WIB sore ini (26/08) masih berlangsung.

     e. Why (Kenapa), terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1.

      f. How (Bagaimana), Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu”

2.pers release tersebut sangat tepat dan benar,tidak ada unsure kebohongan public,kenyataannya satelit Telkom 1 sedang ada gangguan,kebetulan saya sendiri pengguna antena parabola satelit palapa dan Telkom 1,dengan adanya gangguan tersebut segera di recovery ke satelit Telkom 3,dan sekarang telah memakai satelit Telkom 4,dengan kapasitas yang lebih besar.

 

 Kunjungi juga artikel terkait:

manajemen-media-massa

produksi-media

komunikasi-massa

hukum-media-massa

logika

pengantar-ilmu-politik

asas-asas-manajemen

analisis-sistem-informasi

manajemen-media-massa

pengantar-ilmu-komunikasi

pengantar-statistik-sosial

opini-publik

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #mahasiswa #mahasiswaut #tugaskuliah #ilmukomunikasi #prodiilmukomunikasi #hubunganmasyarakat  #makalah #artikel #kreatifitasmahasiswa #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia                                                          

 

Tidak ada komentar: