![]() |
Hubungan Masyarakat |
Tugas 1 : Hubungan Masyarakat
1. Sebuah organisasi/lembaga berhubungan erat dengan
tujuan dan fungsi humas
a. Sebutkan dan jelaskan tugas humas?
b. Sebutkan dan jelaskan tugas humas perusahaan?
2. Kolaborasi marketing dengan humas sering disebut
marketing public relation (MPR)
a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan MPR?
b. Berikan contoh perusahaan yang menggunakan MPR?
JAWABAN
1.a.humas merupakan bagian dari
kajian ilmu komunikasi,karena dalam kajian humas dibahas kegiatan-kegiatan
komunikasi yang terjadi dalam organisasi.
*Mengevaluasi sikap dan opini public
*.mengidentifikasi serta menyesuaikan
kebijakan-kebijakan organisasi dengan
kepentingan public
*.merencanakan serta melaksanakan program-program/kegiatan-kegiatan
kehumasan agar organisasi dapat
mencapai saling pengertian serta diterima keberadaannya oleh public
b.memberikan saran
kepada pihak manajemen hal-hal yang berkaitan dengan berbagai kebijakan yang
diambil serta dampak dari kebijakan itu bagi public
*mengoordinasikan berbagai kegiatan komunikasi organisasi
*menyediakan sarana bagi upaya-upaya organisasi untuk
berkomunikasi atau menjalin hubungan dengan public
*mencari tahu/mencari informasi tentang opini public
terhadap organisasi
2.a.istilah marketing communication (marrcomm) atau
marketing public relations (MPR)biasanya digunakan oleh mereka yang bertugas melakukan kegiatan
kehumasan dalam sebuah departemen pemasaran.
Dulunya MPR lebih dikenal dengan publisitas,
yang tugasnya mengusahakan editorial space – lawan dari paid
space – di berbagai media untuk mempromosikan atau “mengkatrol” sebuah
produk, layanan, gagasan, tempat, tokoh atau organisasi. Namun MPR berfungsi
lebih jauh dari sekedar publisitas dan punya peran penting dalam :
1. Mendukung peluncuran
produk.
2. Membantu repositioning produk
3. Mempopulerkan kategori
produk
4. Mempengaruhi kelompok
sasaran
5. Membela produk yang lagi
dalam masalah
6. Membangun citra
perusahaan agar ikut mengkerek citra produk: Menjadi pembicara di berbagai
seminar, talkshow di teve, serta pendirian Museum Rekor Indonesia adalah
sejumlah upaya yang ikut menciptakan citra yang menguntungkan bagi produk.
ht p://aatmandai.blogspot.com/2012/05/marketing-public-relations-perusahaan.html
b. perusahaan produk makanan dan minuman PT. Danone Indonesia
Tugas 2
: Hubungan Masyarakat
1. Bagaimana langkah-langkah dalam
melakukan perencanaan program kehumasan?
2. Berikan contoh perumusan masalah
kehumasan yang terjadi akhir-akhir ini (Anda dapat menggunakan data atau sumber
lain)
3. Jika Anda seorang humas Apa yang Anda lakukan untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut?
JAWABAN:
1.Program hubungan masyarakat harus direncanakan dan
disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing publik.kebutuhan ini dapat diketahui
dengan melakukan riset terlebih dahulu.hubungan dengan karyawan bisa dilakukan
dengan menggunakan berbagai media seperti media internal(radio local,televise
local,on line/internet),kotak saran,komunikasi tatap muka baik yang formal
maupun informal.meeting dan lain sebagainya.
2. Peran
pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas nelayan
Penelitian ini tentang masyarakat nelayan yang keberadaannya
dipandang sebelah mata oleh pemerintah daerah setempat. Anggap saja
penelitiannya diadakan di Kabupaten Lauwa (nama samaran). Nelayan tersebut
berada dalam posisi yang marjinal, artinya kebijakan pemerintah daerah tidak
menyentuhnya. Pemerintah juga jarang membuat program yang bertujuan untuk
meningkatkan kesejahteraan nelayan setempat. Dalam setiap persoalan yang
dialami nelayan, pemerintah daerah lepas tangan. Akibatnya, masyarakat nelayan
kabupaten Lauwa merasa termarjinalkan.
Rumusan Masalah.
Berdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas, ada dua
pertanyaan penelitian yang bisa dirumuskan:
Bagaimana karakteristik marjinalitas dan bentuk-bentuk
marjinalisasi yang dialami oleh masyarakat nelayan di Kabupaten Lauwa?
Bagaimana peranan pemerintah daerah setempat dalam
meningkatkan kapasitas masyarakat nelayan yang marjinal itu?
3.Berangkat dari latar belakang masalah yang dikaitkan
dengan implemetasi program penanggulangan kemiskinan, dimana banyak komponen
yang terlibat seperti; pemerintah, kalangan swasta, lembaga swadaya masyarakat,
serta pelaksanaanya yang dilakukan secara terencana, terstuktur dan
berkesinambungan, maka rumusan masalahnya .
Sumber : http://sosiologis.com/contoh-rumusan-masalah
Tugas3 : Hubungan Masyarakat
Teman-teman
mahasiswa, setelah Anda mengikuti minggu ketiga Tuton SKOM4103 Hubungan
Masyarakat, silakan Anda kerjakan tugas tutorial 3 berikut ini.
Jawaban
berbentuk word. Upload (unggah) pada tempat yang telah disediakan,
besar file tidak lebih dari 2 Mb. Ingat! batas waktu pemberian tugas dan tulis
sumber/bahan dari jawaban Anda.
Hindari
plagiasi dan hindari jawaban yang persis dengan teman lainya, karena bila
terindikasi plagiasi atau sama dengan jawaban teman lainya maka tidak akan
dinilai.
Kemampuan menulis cepat, tepat dan
berkesinambungan akan memebdakan seorang humas professional dan tidak.
Contoh praktik kehumasan adalah penulisan press release, seperti
berikut;
“Bahwa pada hari Jumat (25/08) sekitar pukul
16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada
pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder
satelit Telkom 1 terganggu. Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama
Telkom dan Lockheed Martin dimana semula diprediksi dapat selesai lebih awal
karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul 16.00 WIB sore ini (26/08) masih
berlangsung.
Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas
kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan
transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom
3S dan satelit lainnya.
Proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada
hari ini juga hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke
satelit lain, diharapkan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan
normal.
Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan
maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu”
https://salamadian.com/contoh-press-release/
1.Berdasarkan contoh tersebut apakah telah menggunakan penulisan informative? Berikan ulasan atas jawaban Anda dengan menggunana 5 W+ 1 H!
2.Apakah ada unsur kebohongan public dari contoh pers release tersebut? Berikan alasannya!
JAWABAN
1.a.
What
(Apa),merurut pendapat saya menggunakan
penulisan informative,5W+1H.karena berdasarkan keterangan/pemberitahuan diatas
telah menerangkan atau memberitahukan bahwa satelit Telkom 1 yang
berakibat pada pergeseran pointing antenna.
b. Who (Siapa),dalam hal ini pihak satelit Telkom sendiri yang meminta
ma’af dan pemberitahuan kepada seluruh pelanggan
c. When (Kapan), pada hari Jumat
(25/08) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1.
d. Where (Dimana), Recovery satelit
Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin dimana semula
diprediksi dapat selesai lebih awal karena sesuatu dan lain hal, hingga pukul
16.00 WIB sore ini (26/08) masih berlangsung.
e. Why
(Kenapa), terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang
berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1.
f. How (Bagaimana), Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu”
2.pers
release tersebut sangat tepat dan benar,tidak ada unsure kebohongan
public,kenyataannya satelit Telkom 1 sedang ada gangguan,kebetulan saya sendiri
pengguna antena parabola satelit palapa dan Telkom 1,dengan adanya gangguan
tersebut segera di recovery ke satelit Telkom 3,dan sekarang telah memakai
satelit Telkom 4,dengan kapasitas yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar