Selasa, 04 Februari 2025

Sosiologi Komunikasi Massa (Tugas 3)

 Sosiologi Komunikasi Massa (Tugas 3)


Kehidupan dewasa ini dapat dikatakan sebagai era teknologi komunikasi dan informasi dan tidak sedikit masyarakat yang hidup tanpa teknologi komunikasi terutama media massa. Bahkan media massa oleh sebagian masyarakat dinilai sebagai sesuatu yang penting dalam kehidupannya. Penilaian ini tentu tidak lepas dengan peran yang dijalankan oleh media massa.

1.Jelaskan peran media massa dalam proses sosialisasi !
2.Jelaskan maksud media massa sebagai agen sosialisasi !
3.Media massa yang dominan berperan dalam proses sosialisasi atau sebagai agen sosialisasi ?

JAWABAN

1.proses sosialisasi yang dilalui oleh setiap anggota masyarakat ada yang berlangsung secara formal,yaitu melalui sekolah dan pendidikan lainnya,tapi ada pula yang berbentuk informal yaitu yang diperoleh melalui keluarga,kerabat dan pergaulan degan teman sebaya.

Media massa dapat berperan dalam proses sosialisasi secara informal yaitu ketika media di konsumsi dalam situasi dann untuk keperluan dirumah.namun media dapat pula berperan dalam sosialisasi formal,yaitu ketika mengikuti pendidikan melalui media atau apa yang disebut sebagai pendidikan jarak jauh/

2.agen sosialisasi adalah institusi social,tempat orang belajar mengenai wilayah kehidupan yang mereka sendiri tidak terlibat langsung,maksudnya tanpa mengalami langsung sesuatu hal.

media massa semakin menonjol sebagai agen sosialisasi baik yang formal maupun informal,dengan semakin berkembang-nya pemanfaatan media sebagai saluran pendidikan atau apa yang dikenal sebagai pendidikan jarak jauh{distance education}maka pada dasarnya media juga telah berfungsi sebagai sekolah bagi mereka yang mengikuti program pendidikan melalui media.secara informal dengan semakin banyaknya jumlah salura media yang tersedia dan di konsumsi oleh masyarakat maka semakin banyak pula perolehan informasi yang di dapatkan seseorang melalui media massa.

3 Media Massa Sebagai Agen Sosialisasi
Agen sosialisasi adalah pihak-pihak yang melaksanakan atau melakukan sosialisasi. Ada empat agen sosialisasi yang utama, yaitu keluarga, kelompok bermain, media massa, dan lembaga pendidikan sekolah, jadi Media massa juga merupakan salah satu agen sosialisasi yang paling berpengaruh

Pesan-pesan yang disampaikan agen sosialisasi berlainan dan tidak selamanya sejalan satu sama lain. Apa ayng diajarkan keluarga mungkin saja berbeda dan bisa jadi bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh agen sosialisasi lain. MIsalnya, di sekolah anak-anak diajarkan untuk tidak merokok, meminum minman keras dan menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba), tetapi mereka dengan leluasa mempelajarinya dari teman-teman sebaya atau media massa.

Kunjungi juga artikel terkait:

manajemen-media-massa

komunikasi-massa

hukum-media-massa

analisis-sistem-informasi

manajemen-media-massa

pengantar-ilmu-komunikasi

pengantar-statistik-sosial

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #mahasiswa #mahasiswaut #tugaskuliah #ilmukomunikasi #artikel #prodiilmukomunikasi #tugasSosiologiKomunikasiMasa #makalah #kreatifitasmahasiswa #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia    


Tidak ada komentar: