Minggu, 09 Februari 2025

Komunikasi Sosial prinsip-prinsip dari interaksi simbolik

Komunikasi Sosial prinsip-prinsip  dari interaksi simbolik, konsep tentang teori strukturasi, tahap dan langkah dalam konsep proses komunikasi social, Pemasaran sosial berbeda dengan pemasaran komersil,  komponen apa dalam pemasaran sosial yang diadopsi dari konsep pemasaran komersil.

1.Herbert Blumer dan George Herbert Mead adalah yang pertama-tama mendefinisikan teori symbolic interactionism.

Blumer mengutarakan tentang tiga prinsip utama interaksionisme simbolik, yaitu tentang pemaknaan (meaning), bahasa (language), dan pikiran (thought). Premis ini nantinya mengantarkan kepada konsep ‘diri’ seseorang dan sosialisasinya kepada ‘komunitas’ yang lebih besar, masyarakat.

2. Teori strukturasi adalah teori ilmu sosial tentang penciptaan dan reproduksi sistem sosial yang berbasis pada analisis struktur dan agen (lihat struktur dan agen), tanpa memberi keunggulan pada keduanya. Selanjutnya, dalam teori strukturisasi, baik analisis mikro maupun makro semata sudah cukup.

3.proses perencanaan tidak sederhana meskipun bukan tidak mungkin dilalui dengan mudah.

a.pengumpulan data,pada tahap pengumpulan data kita sebaiknya benar-benar komprehensif dalam mengumpulkan data terkait dengan masyarakat sasaran.kita perlu dengan hati-hati membagi beberapa kategori aspek-aspek yang mempengaruhi karakter individu maupun kelompok sasaran.engel,Blackwell dan miniard (1994:60) mengungkapkan berbagai aspek yang member pengaruh pada pengambilan keputusan kelompok sasaran adalah sebagai berikut;

1.karakter individu,target adopter akan memberikan pengaruh pada pengambilan keputusannya,hal yang termasuk kategori karakter individu antara lain,sumber daya

  1. Pengirim pesan memiliki sebuah ide atau gagasan.
  2. Pengirim pesan yang melakukan encode terhadap ide atau gagasan dalam sebuah pesan.
  3. Pengirim pesan memproduksi pesan dalam sebuah media.
  4. Pengirim pesan mengirimkan pesan melalui sebuah saluran komunikasi.
  5. Khalayak menerima pesan.

4.perbedaan antara pemasar social dan komersial

PEMASAR SOSIAL

-bertujuan menganjurkan prilaku baik didanai oleh pajak dan donas-mengutamakan akuntabilitas public kinerja sulit diukur

-bertujuan pada perilaku jangka panjang sering menawarkan perilaku yang controversial

-sering memilih sasaran yang berisiko tinggi pembuatan keputusan partisipatif

-hubungan berdasar pada kepercayaan.


PEMASAR KOMERSIAL

-bertujuan mencari uang didanai oleh investasi

-mengutamakan akuntabilitas swasta

-kinerja diukur dengan profit dan pangsa pasar

-bertujuan pada perilaku jangka pendek

-menghindari produk/jasa yang controversial

-hanya memilih sasaran yang aksesible

-pembuat keputusan hierarkis

-hubungan berdasar persaingan

 

pemasaran sosial yang diadopsi dari konsep pemasaran komersil

-bertujuan mencari uang didanai oleh investasi

-kinerja diukur dengan profit dan pangsa pasar

-pembuat keputusan hierarkis.


Kunjungi juga artikel terkait:

komunikasi-massa

pengantar-statistik-sosial

opini-publik

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #mahasiswa #mahasiswaut #tugaskuliah #ilmukomunikasi #prodiilmukomunikasi #KomunikasiSosial #makalah #artikel #kreatifitasmahasiswa #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia

Tidak ada komentar: