Komunikasi Sosial prinsip-prinsip dari interaksi simbolik, konsep tentang teori strukturasi, tahap dan langkah dalam konsep proses komunikasi social, Pemasaran sosial berbeda dengan pemasaran komersil, komponen apa dalam pemasaran sosial yang diadopsi dari konsep pemasaran komersil.
1.Herbert Blumer dan George Herbert Mead adalah yang pertama-tama
mendefinisikan teori symbolic interactionism.
Blumer mengutarakan tentang tiga prinsip utama interaksionisme simbolik, yaitu tentang pemaknaan (meaning), bahasa (language), dan pikiran (thought). Premis ini nantinya mengantarkan kepada konsep ‘diri’ seseorang dan sosialisasinya kepada ‘komunitas’ yang lebih besar, masyarakat.
2.
Teori strukturasi
adalah teori ilmu sosial tentang penciptaan dan reproduksi sistem sosial
yang berbasis pada analisis struktur dan agen (lihat struktur dan agen), tanpa
memberi keunggulan pada keduanya. Selanjutnya, dalam teori
strukturisasi, baik analisis mikro maupun makro semata sudah cukup.
3.proses
perencanaan tidak sederhana meskipun bukan tidak mungkin dilalui dengan mudah.
a.pengumpulan
data,pada tahap pengumpulan data kita sebaiknya benar-benar komprehensif dalam
mengumpulkan data terkait dengan masyarakat sasaran.kita perlu dengan hati-hati
membagi beberapa kategori aspek-aspek yang mempengaruhi karakter individu
maupun kelompok sasaran.engel,Blackwell dan miniard (1994:60) mengungkapkan
berbagai aspek yang member pengaruh pada pengambilan keputusan kelompok sasaran
adalah sebagai berikut;
1.karakter
individu,target adopter akan memberikan pengaruh pada pengambilan
keputusannya,hal yang termasuk kategori karakter individu antara lain,sumber
daya
- Pengirim pesan memiliki sebuah ide atau gagasan.
- Pengirim pesan yang melakukan encode terhadap ide atau gagasan
dalam sebuah pesan.
- Pengirim pesan memproduksi pesan dalam sebuah media.
- Pengirim pesan mengirimkan pesan melalui sebuah saluran
komunikasi.
- Khalayak menerima pesan.
4.perbedaan
antara pemasar social dan komersial
PEMASAR
SOSIAL
-bertujuan
menganjurkan prilaku baik didanai oleh pajak dan donas-mengutamakan
akuntabilitas public kinerja sulit diukur
-bertujuan
pada perilaku jangka panjang sering menawarkan perilaku yang controversial
-sering
memilih sasaran yang berisiko tinggi pembuatan keputusan partisipatif
-hubungan
berdasar pada kepercayaan.
PEMASAR
KOMERSIAL
-bertujuan
mencari uang didanai oleh investasi
-mengutamakan
akuntabilitas swasta
-kinerja
diukur dengan profit dan pangsa pasar
-bertujuan
pada perilaku jangka pendek
-menghindari
produk/jasa yang controversial
-hanya
memilih sasaran yang aksesible
-pembuat
keputusan hierarkis
-hubungan
berdasar persaingan
pemasaran sosial yang diadopsi dari konsep pemasaran komersil
-bertujuan
mencari uang didanai oleh investasi
-kinerja
diukur dengan profit dan pangsa pasar
-pembuat
keputusan hierarkis.
Kunjungi juga artikel terkait:
komunikasi-massa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar