Selasa, 14 Januari 2025

Sosiologi Komunikasi Masa

 

Tugas1: Sosiologi Komunikasi Masa

Di sekitar sistem komunikasi massa terdapat sistem-sistem sosial yang lain, yang saling berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksi tersebut terjadilah saling pengaruh mempengaruhi antar sistem. Sistem komunikasi massa yang relatif bebas dalam menjalankan fungsinya dan akan mempengaruhi sistem sosial lainnya, seperti sistem politik, pendidikan dan ekonomi.

JAWABAN

   Semua aktifitas sosial pada hakikatnya merupakan suatu sstem,karena umumnya kagiatan-kegiatan social tersebut terdiri dr sejumlah komponen yang terangka dalam suatu untaian fungsi-fungsi telah tertentu.

Menurut almond keterkatan antara elemen tersebut diatas memilk cirri-ciri  tertentu yaitu:
a.kekomprehensifan
b.interdependesi,dan
c.adanya batas

   di sekitar system komunikasi massa terdapat sistem-sistem social yang lain,yang saling berinteraksi satu sama lain.dengan demikian berlangsunglah hubungan antar sistem yang ada.dalam hubungan tersebut terjadilah saling pengaruh mempengaruhi antarsistem tersebut.

Suatu sistem sosial di bidang komunikasi massa yang relative bebas dalam menjalankan fungsinya akan mempengaruhi sistem social yang lain,seperti sistem poltik misalnya.

Pengaruh tersebut akan tercermin dalam penampilan kelembagaan dan isi media massa,dalam kekuatan pengaruhnya terhadap aktivitas politik,serta pada tingkatan kredibilitas(kepercayaan) masyarakat pada media massa yang bersangkutan.

Sistem komunikasi massa dapat mempengaruhi sistem pendidikan,andaikata terjadi konflik orientasi antara keduanya,bila misalnya sistem komunikasi massa begitu permisif dan terbuka terhadap segala macam informasi,termasuk hal-hal yang melampaui batas-batas susila maka sistem pendidikan akan turut menanggung akibatnya,keadaan seperti itu akan menyulitkan sistem pendidikan terutama dalam hal mengajarkan dan menegakkan prinsip,akhlak dan nilai-nilai moralitas di kalangan anak didik.

Interaksi sistem komunikasi massa dengan sistem ekonomi

Tujuan suatu sistem ekonomi yang tergantung pada media sebagai sumber informasi antara lain:

1.menanamkan dan menegakkan nilai-nilai kebebasan berusaha (free enterprise).

2.menegakkan dan memelihara pertautan antara produser atau penjual dengan consumer,yaitu menginformasikan pada konsumen tentang produk apa yang tersedia dan yang merangsang konsumen untuk memebeli produk tersebut.

3.mengendalikan dan memenangkan konflik internal seperti antara manajemen dengan serikat pekerja,atau konflik eksternal seperti dengan badan-badan yang berwenang(regulatory agencies).

Kunjungi juga artikel terkait:

manajemen-media-massa

produksi-media

komunikasi-massa

hukum-media-massa

logika

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #mahasiswa #mahasiswaut #tugaskuliah #ilmukomunikasi #artikel #prodiilmukomunikasi #tugasSosiologiKomunikasiMasa #makalah #kreatifitasmahasiswa #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia                                                         

Tidak ada komentar: