![]() |
Tugas1: Sosiologi Komunikasi Masa |
Di sekitar sistem komunikasi massa terdapat sistem-sistem sosial yang lain, yang saling berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksi tersebut terjadilah saling pengaruh mempengaruhi antar sistem. Sistem komunikasi massa yang relatif bebas dalam menjalankan fungsinya dan akan mempengaruhi sistem sosial lainnya, seperti sistem politik, pendidikan dan ekonomi.
JAWABAN
Semua aktifitas sosial pada hakikatnya merupakan suatu sstem,karena
umumnya kagiatan-kegiatan social tersebut terdiri dr sejumlah komponen yang
terangka dalam suatu untaian fungsi-fungsi telah tertentu.
Menurut almond keterkatan antara elemen
tersebut diatas memilk cirri-ciri
tertentu yaitu:
a.kekomprehensifan
b.interdependesi,dan
c.adanya batas
di sekitar system komunikasi massa terdapat sistem-sistem social yang
lain,yang saling berinteraksi satu sama lain.dengan demikian berlangsunglah
hubungan antar sistem yang ada.dalam hubungan tersebut terjadilah saling
pengaruh mempengaruhi antarsistem tersebut.
Suatu sistem sosial di bidang komunikasi
massa yang relative bebas dalam menjalankan fungsinya akan mempengaruhi sistem
social yang lain,seperti sistem poltik misalnya.
Pengaruh tersebut akan tercermin dalam penampilan kelembagaan dan isi media massa,dalam kekuatan pengaruhnya terhadap aktivitas politik,serta pada tingkatan kredibilitas(kepercayaan) masyarakat pada media massa yang bersangkutan.
Sistem komunikasi massa dapat mempengaruhi sistem pendidikan,andaikata terjadi konflik orientasi antara keduanya,bila misalnya sistem komunikasi massa begitu permisif dan terbuka terhadap segala macam informasi,termasuk hal-hal yang melampaui batas-batas susila maka sistem pendidikan akan turut menanggung akibatnya,keadaan seperti itu akan menyulitkan sistem pendidikan terutama dalam hal mengajarkan dan menegakkan prinsip,akhlak dan nilai-nilai moralitas di kalangan anak didik.
Interaksi sistem komunikasi massa dengan
sistem ekonomi
Tujuan suatu sistem ekonomi yang
tergantung pada media sebagai sumber informasi antara lain:
1.menanamkan dan menegakkan nilai-nilai
kebebasan berusaha (free enterprise).
2.menegakkan dan memelihara pertautan
antara produser atau penjual dengan consumer,yaitu menginformasikan pada
konsumen tentang produk apa yang tersedia dan yang merangsang konsumen untuk
memebeli produk tersebut.
3.mengendalikan dan memenangkan konflik
internal seperti antara manajemen dengan serikat pekerja,atau konflik eksternal
seperti dengan badan-badan yang berwenang(regulatory agencies).
Kunjungi juga artikel terkait:
komunikasi-massa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar