Kamis, 30 Januari 2025

Komunikasi Inovasi

Komunikasi Inovasi 

Salah satu peran dari opinion leader adalah membuat jaringan komunikasi.  Silakan berikan argumen Anda dengan  apa yang dimaksud dengan hal ini, kemudian berikan contoh nyata yang Anda temukan di lapangan!

JAWABAN

-Opinion leader ,atau pemimpin opini adalah individu yang memimpin dalam

mempengaruhi pendapat orang lain tentang inovasi.

 Perilaku pemimpin opini penting dalam menentukan tingkat adopsi suatu inovasi dalam suatu sistem. Bahkan, bentuk kurva difusi terjadi karena pemimpin opini sekali mengadopsi kemudian memberitahu orang lain tentang inovasi yang diadopsinya.

Ada dua pengelompokan opinion leader :

a.   Opinion Leader Aktif (Opinion Giving)

Disini para opinion leader tersebut sengaja mencari penerima atau followers untuk mengumumkan atau mensosialisasikan suatu informasi. Contoh : saat adanya program KB (Keluarga Berencana) yang bertujuan menegendalikan pertumbuhan penduduk. Tapi bagi masyarakat desa hal ini masih terlalu baru dan mereka belum mengenal apa itu KB sebenarnya, maka disini peranan opinion leader tersebut dituntun untuk menyampaikan informasi bahwa program KB ini bertujuan penting bagi kelangsungan masyarakat dipedesaan.

b.   Opinion Leader Pasif (Opinion Seeking)

Dalam hal ini followers lebih aktif mencari sumber informasinya kepada opinion leader, sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi seperti halnya contoh diatas tersebu.

-CONTOH

*Kebijakan di system komunikasi pedesaan

Di sebuah desa,Bila ada kebijakan baku yang wajib untuk diikuti oleh masyarakat secara keseluruhan, maka proses sosialisasi bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui opinion leader. Dalam sistem komunikasi pedesaan, opinion leader seakan memiliki suatu daya dan kuasa yang cukup kuat untuk membagikan informasi tersebut. Kebijakan bisa disosialisasikan dengan lebih efektif, dan umumnya juga bisa diterima dengan baik pula oleh masyarakat.

HAMBATAN KOMUNIKASI,adalah segala hal yang dapat melemahkan terjadinya kesamaan makna kebaruan diantara pihak-pihak yang sedang terlibat dalam pengembangan pembaruan perilaku sehingga memperlemah terjadinya penyebaran dan pengadopsian inovasi dalam sistem sosial yang diharapkan terjadi perubahan,keberadaan hambatan tersebut berpotensi mengganggu proses penyampaian pesan diantara komunikator ke komunikan sehingga dapat mengganggu adopsi inovasi.jika hambatan yang terdapat dalam proses komunikasi kecil,efek yang ditimbulkannya kecil dan bahkan dapat dihilangkan,sebaliknya apabila hambatan dalam proses komunikasi besar,proses komunikasi dapat terganggu,bahkan berpotensi gagal karena hambatan tersebut.

-HAMBATAN KOMUNIKASI,dapat kita temukan ketika mengembangkan pesan-pesan pembaruan,tetapi dampaknya tidak seperti yang kita kehendaki atau kita harapkan.

EFEKTIFITAS DAN STRATEGI KOMUNIKASI INOVASI,berhubungan erat dengan strategi komunikasi inovasi,efektifitas komunikasi inovasi menyangkut kesesuaian perubahan yang terjadi dalam individu atau dalam sistem sosial yang sesuai dengan harapan yang dikehendaki atas inisiatif melakukan pembaruan (inovasi),kefektifan ini menentukan manfa’at bagi pihak-pihak yang berkepntingan dengan pembaruan melalui pengembangan inovasi.semetara itu strategi komunikasi menyangkut ketepatan cara atau rancangan komunikiasi untuk tercpaainya komunikasi yang efektifsecara garis besar strategi komunikasi inovasi yang dijabarkan dalam program-program komunikasi inovasi.

PENGERTIAN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI,efektifitas komunikasi inovasi adlah ukut=ran ketepatan tingkat penerapan perubahan.baik perilaku individu maupun perilaku masyarakat yang sesuai dengan yang dimaksudkan atau dikehendaki oleh inisiator pembaruan,hal ini sejalan dengan pandangan tentang efektifitas komunikasi pada umumnya,efektivitas komunikasi inovasi suatu ukuran tingkat berinteraksi serta yang menyangkut kesamaan persepsi antara pihak yang berperan sebagai komunikator dan pihak yang berperan sebagai komunikan.komunikasi dikatakan efektif apabila terjadi kesamaan makna pesan sehingga terwujud kesamaan persepsi dan perubahan aspek perilaku terkaitb dengan hal yang dikomunikasikan di antara para pihak yang berkomunikasi ,pada dasarnya kita berkomunikasi bertujuan untuk terjadinya perubahan pada aspek-aspek perilaku.tujuan perubahan perilaku yang dikehendaki melalui komuniasi tersebut terdapat pada ramah pengetahuan \,sikap ataupun keterampilan.perubahan tersebut dapat salah satu atau dapat dua aspek perilaku atau bahkan ketiganya tergantung pada tujuan kita berkomunikasi pada saat itu.

Kunjungi juga artikel terkait:

manajemen-media-massa

komunikasi-massa

hukum-media-massa

analisis-sistem-informasi

manajemen-media-massa

opini-publik

#universitasterbuka #ut #utsurabaya #mahasiswa #mahasiswaut #tugaskuliah #ilmukomunikasi #prodiilmukomunikasi # KomunikasiInovasi #makalah #artikel #kreatifitasmahasiswa #cyberuniversity #cyberuniversityofindonesia                                                         

Tidak ada komentar: