Rabu, 19 Februari 2025

era informasi dan komunikasi massa

 Hakekat Komunikasi Massa dan Era informasi



Komunikasi massa merupakan suatu proses komunikasi melalui media massa. Komunikasi terjadi kapanpun dan dimanapun kita berada selalu berkomunikasi.

Komunikasi terjadi di berbagai peristiwa,dan dalam berbagai bentuk juga


Ruben dan Steward (2006:356-357) menjelaskan bahwa karakter

komunikasi publik dan komunikasi massa sebagai berikut.

1.Memiliki audiens.

2.Bukan bersifat pribadi (impersonal).

3.Direncanakan, dapat diprediksi dan bersifat formal.

4.Kontrol dilakukan oleh pembicara atau komunikator. Pembicara di sini

punya kemampuan untuk menciptakan informasi apa yang akan

disampaikan.

5.Berpusat pada pembicara atau komunikator. Di sini pembicara

mempunyai akses untuk berbicara kepada semua audiens, namun audiens

tak punya akses yang sama baik kepada pembicara maupun akses kepada

sesama audiens.

6.Umpan balik (feedback) yang terbatas.

Setelah mengenal karakter komunikasi massa maka perlu juga Anda

mengetahui empat karakteristik massa(Potter, 2011:47), yaitu

1.audiensnya sangat beragam atau heterogen;

2.audiensnya anonim, komunikator tidak mengenal siapa audiensinya;

3.audiens tidak saling mengenal;

4.khalayak massa itu tidak bernaung di bawah organisasi, karena itu tidak

ada aturan dan struktur yang menyatukan mereka.


Era Informasi

Di jaman kemajuan teknologi dan komunikasi seperti sekarang sangat gampang dan cepat mendapatkan informasi,  Era informasi merupakan periode yang melibatkan banyaknya informasi dalam pengambilan keputusan, baik oleh individu, perusahaan, maupun instansi pemerintah.

Sumber Informasi (Source) Sumber (source) komunikasi/informasi, yang disebut juga sebagai komunikator, merupakan elemen pertama dalam proses komunikasi. Source dapat berupa individu atau sekelompok orang yang perannya sudah ditentukan, misalnya dalam institusi media.


#erainformasi #era #informasi #komunikasi

Tidak ada komentar: